Share on

Ingin merasakan jadi daimyo? Datang saja ke Kastil Okayama! Di kastil yang berlokasi di Prefektur Okayama, area Chugoku, Jepang ini, kamu bisa meminjam kimono dan menjelajahi isi kastilnya. Tak hanya itu, kastil ini juga punya taman indah yang wajib dikunjungi.

Advertise With Us

Penasaran dengan Kastil Okayama? Simak penjelasannya ya!

Kastil Okayama yang sudah berdiri sejak tahun 1597 ini dibangun atas perintah Ukita Hideie, seorang daimyo di Era Sengoku. Karena kastil ini mengarah ke barat, Hideie mengarahkan agar air dari Sungai Asahigawa mengalir ke timur kastil untuk mencegah musuh masuk. Kastil ini juga punya julukan, yaitu "Ujo" atau "Kastil Gagak” karena warna dindingnya yang hitam.

Setelah Klan Ikeda mengambil alih kastil ini dari tangan Ukita Hideie, dibuatlah taman yang disebut Okayama Korakuen Garden. Taman ini sengaja dibuat untuk menghibur tamu dan menjadi tempat melepas lelah daimyo. Sayangnya, kastil dan tamannya yang cantik ini sempat terbakar akibat serangan udara ketika Perang Dunia 2 berlangsung. Meskipun begitu, kastil ini akhirnya dibangun kembali pada tahun 1964 dan beberapa bagian asli yang masih tersisa telah terdaftar sebagai Properti Kebudayaan Penting Jepang (juuyo bunkazai).

Nah, apa saja yang bisa kamu lakukan di kastil ini?

Sebelum masuk ke dalam kastil, kamu bisa mengunjungi Okayama Kairakuen Garden-nya dulu. Taman yang masuk ke dalam salah satu dari 3 taman terindah di Jepang ini punya pemandangan yang sangat cantik.  Saat memasuki taman ini, pengunjung akan disambut dengan pemandangan indah dengan rumputnya yang hijau dan kolam cantik dengan ikan koi di dalamnya.

Menjadi Daimyo di Kastil Okayama, Jepang
Okayama Korakuen Garden (travel.gaijinpot.com)

Taman ini juga merupakan salah satu spot hanami ketika bunga sakura bermekaran di musim semi. Selain itu, biasanya setiap bulan Mei, akan ada event menanam padi yang digelar di sini.  Pengunjung dapat melihat prosesnya hingga menjelang musim panas.

Setelah puas mengelilingi taman, saatnya masuk ke dalam kastil. Nah, di dalam sini kamu bisa mencoba berperan menjadi daimyo atau para putri dengan meminjam kimono di lantai 2 kastil. Untuk meminjam kimono ini, tidak dipungut biaya lho. Asyik kan?

Menjadi Daimyo di Kastil Okayama, Jepang
Kastil Okayama (matcha-jp.com)

Kamu juga bisa belajar membuat Bizenyaki (keramik tradisional Jepang) di lantai 1 kastil hanya dengan membayar 1250 yen.

Nah, jika ingin melihat pemandangan indah di sekitar kastil, kamu bisa naik menuju lantai 5 untuk melihat pemandangan patung Golden Dolphin (Kin No Shachihoko). Belum puas? Naiklah ke lantai 6 untuk pemandangan lebih cantik lagi.

Setelah puas menjelajahi taman dan kastil, enaknya ngemil nih. Di dekat kastil, ada kedai yang menjual kakigori (es serut ala Jepang) yang segar dan bisa menghilangkan rasa lelahmu. Wajib dicoba!

Untuk mengunjungi kastil ini, kamu bisa menggunakan JR Nozomi dari Tokyo menuju Stasiun Okayama selama 3,5 jam. Setelah itu, naik tram lokal Higashiyama menuju Stasiun Shiroshita dan jalan kaki selama 5 menit setelah turun. Sampai deh.

Siap mengunjungi Kastil Okayama jika ke Jepang?