Share on

Sebagai ibu kota Jepang, tidak aneh jika Tokyo sangat “lengkap”. Mulai dari sarana pendidikan, hingga tempat-tempat seperti museum berjamur di area ini. Museum-museum di Tokyo juga beraneka ragam, bukan hanya berisi artefak-artefak jadul saja lho. Nah, buatmu yang penasaran dengan museum-museum terbaik di Tokyo, JS punya listnya!

Tokyo National Museum

Tokyo National Museum (cntraveler.com)
Tokyo National Museum (cntraveler.com)

Mulai dari kimono bermotif cantik, pedang para samurai, patung Buddha dengan wajah menenangkan, hingga keramik berusia ribuan tahun, semuanya bisa kamu temukan di  Tokyo National Museum, rumah dari koleksi seni Jepang paling lengkap di dunia. Berlokasi di dekat Uneo Park, museum tertua di negeri sakura ini merupakan tempat wajib dikunjungi buat para pecinta sejarah dan budaya Jepang. Di dalam museum ini, ada lebih dari 110.000 artefak! Yang jarang orang ketahui, kamu bisa duduk-duduk taman belakang museum yang sangat indah dan bergaya campuran Jepang-barat.

Mori Art Museum

Mori Art Museum (cntraveler.com)
Mori Art Museum (cntraveler.com)

Berikutnya, ada tempat paling mencolok di  Roppongi Art Triangle yang terletak di lantai 52 dan 53 Roppongi Hills Mori Tower, Mori Art Museum. Meski kamu harus merogoh kocek sebesar 1600 yen untuk masuk ke museum ini, dijamin deh tidak akan menyesal. Biaya yang kamu keluarkan akan dtergantikan dengan indahnya karya seni kontemporer karya senimana ternama seperti Ai Weiwei dan Dinh Q. Lê. Tak hanya itu, pemandangan di sini sangat cantik dan instagrammable, kamu bisa melihat pemandangan 360 derajat Tokyo!  

Edo-Tokyo Museum

Edo-Tokyo Museum (cntraveler.com)
Edo-Tokyo Museum (cntraveler.com)

Ingin menjelajahi Jepang 400 tahun lalu? Datang saja ke Edo-Tokyo Museum! Di sini, kamu melihat kejayaan Jepang di zaman Edo lewat berbagai model arsitektur dan artefaknya. Museum ini juga tidak hanya menyajikan sejarah Jepang dari sisi politik, tapi juga dari sisi kehidupan sehari-hari penduduk normalnya. Sehingga, membuatmu merasa benar-benar kembali ke Tokyo di Zaman Edo!

Untuk memasuki area pameran permanen, para pengunjung harus berjalan melintasi replika Jembatan Nihonbashi sebelum melihat mengintip replika rumah petak dan landmark lainnya. Setelah ke luar dari pameran, berbagai pengetahuan baru seperti bagaimana industry penerbitan di zaman Edo, awal mula munculnya seni Kabuki dan Ukiyo-e, dan masih banyak lagi.  Lumayan kan buat nambah ilmu?

Tokyo Photographic Art Museum

Tokyo Photographic Art Museum (cntraveler.com)
Tokyo Photographic Art Museum (cntraveler.com)

Jika beberapa museum di atas berisi artefak-artefak dan karya seni murni kontemporer, museum satu ini berisi foto. Ya, museum ini adalah Tokyo Photographic Art Museum, sebuah bangunan 4 lantai di kompleks Yebisu Garden Palace. Setiap harinya, Tokyo Photographic Art Museum mengadakan 3 pameran yang berfokus pada fotografi Jepang dan internasional. Semua foto yang dipamerkan di museum ini ditata sedemikian rupa dengan interior modern yang bikin pengunjung tidak mudah bosan.

National Museum of Nature and Science

National Museum of Nature and Science (cntraveler.com)
National Museum of Nature and Science (cntraveler.com)

Pada tahun 1870-an, National Museum of Nature and Science di Ueno Park merupakan tempat favorit anak-anak yang penuh rasa ingin tahu dan orang tua mereka. Hal tersebut juga terjadi hingga saat ini. Berbagai jenis kupu-kupu, sebuah meteor jatuh, dan berbagai aspek ilmu pengetahuan alam lain yang ada di sini rasanya membuat kamu sedang mengikuti sebuah karya wisata saat memasukinya! Asyiknya lagi, museum ini menggabungkan sejarah, biodiversity, geologi, dan hasil teknologi sebagai barang pamerannya. Museum ini bisa jadi pilihan tempat wisata asyik dan edukatif bersama keluarga!

Itulah 5 museum terbaik di Tokyo, mau berkunjung ke yang mana dulu nih?