Share on

Prefektur Gunma di area Kanto memang lebih dikenal dengan tempat wisata ski resort di gunung bersaljunya atau onsennya yang menjadi model untuk film Spirited Away. Namun ternyata, Gunma juga punya 5 makanan khas enak lho! Apa saja?

Advertise With Us

Okkirikomi

5 Makanan Khas Gunma yang Bikin Air Liurmu Menetes!
Okkirikomi (travel.gaijinpot.com)

Gunma dikenal sebagai salah satu tempat terdingin di Jepang, terutama pada musim dingin. Karena itu, penduduk lokal mencoba menghangatkan badan mereka dengan makanan hangat berbahan dasar mie udon tebal, Okkirikomi. Okkirikomi ini merupakan makanan sederhana  yang kaya akan rasa, layaknya makanan tradisional Jepang. Makanan ini sebenarnya hanya berisi air dan sayuran musiman seperti daikon (lobak). Namun, mie tebalnya menyerap semua rasanya, membuat rasa mienya gurih. Kuah kaldunya biasaya terbuat dari kecap atau miso, namun kamu bisa mencampur keduanya sebagai variasi.

Ginhikari (rainbow trout)

5 Makanan Khas Gunma yang Bikin Air Liurmu Menetes!
Ginhikari (travel.gaijinpot.com)

Ikan merupakan salah satu ciri khas masakan Jepang, dan hampir setiap prefektur punya menu berbahan dasar ikan, termasuk Gunma. Di Gunma, makanan itu adalah ginhikari atau rainbow trout. Ikan-ikan ini diperlihara dan dipanen ketika umurnya mencapai 3 tahun untuk menciptakan rasa ikan lezat dengan daging yang lembut. Ginhikari dapat dinikmati mentah sebagai sashimi, dipanggang, atau digoreng.

Mizusawa udon

5 Makanan Khas Gunma yang Bikin Air Liurmu Menetes!
Mizusawa udon (travel.gaijinpot.com)

Gunma memang dikenal sebagai salah satu produsen terigu bagi mie semacam pasta, yakisoba, dan udon terbesar di Jepang. Karena itu, tak aneh jika Gunma tak main-main kalau soal udon.  Ada There’s tatebayashi udon yang tipis, himokawa udon yang lebar, dan udon kebanggan  Gunma, mizusawa udon. Udon jenis ini disebut-sebut sebgaai mie dengan kualitas tertinggi Jepang lho terbukti dengan mienya yang lembut dan padat!

Yakimanju

5 Makanan Khas Gunma yang Bikin Air Liurmu Menetes!
Yakimanjuu (visitgunma.jp)

Pernahkah kamu melihat manjuu raksasa? Kamu bisa melihatnya di Gunma! Makanan yang biasanya berisi pasta kacang merah ini sudah ada di Gunma lho sejak zaman Edo.

Ketika zaman Edo, sebuah toko di Maebashi, Gunma, mulai membakar manjuu dan melapisinya dengan saus miso.  Hasilnya, makanan ini memiliki rasa manis yang bercampur dengan rasa gurih dengan permukaan yang renyah dan isi yang kenyal.  Nah karena dibakar, manjuu di Gunma disebut Yaki means yakimanjuu (yaki: bakar). Makanan ini sangat populer di Gunma, bahkan saking populernya, ada festival tahunannya lho! Setiap satu tahun sekali pada 11 Januari, kota Isesaki di Prefektur Gunma membuat yakimanjuu raksasa beukuran 55cm-widedan akan dibagikan ke para penduduk kota. Menarik kan?.

Konjac

5 Makanan Khas Gunma yang Bikin Air Liurmu Menetes!
Konjac (travel.gaijinpot.com)

Ingin punya badan indah layaknya model Jepang? Coba tambahkan konjac (atau konyaku) sebagai makanan dietmu. Makanan kenyal ini bebas dari gula dan kalori. Enaknya lagi, konjac mendapat rasa dari apapun yang ia masuki, bahkan bisa dimanfaatkan sebagai pengganti daging bagi para vegan.  Makanan ini juga bisa ditemukan dalam berbagai bentuk, namun yang paling populer adalah shirataki. Terkadang, kamu akan menemukan konjac yang dicelup ke dalam saus miso gurih di beberaoa festival makanan. Bahkan, ada theme park konjac di Kota Kanra.

Terlihat enak ya? Ada makanan khas Gunma yang menarik perhatianmu?