Share on

Ingin melihat seluruh pemandangan Kota Hakodate di Hokkaido? Datang saja ke Gunung Hakodate! Dari sini, kamu bisa melihat pemandangan cantik kota Hakodate!

Gunung Hakodate (函館山, Hakodateyama) adalah gunung bertinggi 334 meter yang terletak di ujung selatan Hakodate. Di hari yang cerah, pemandangan dari gunung ini sangat spektakuler, membuatnya masuk ke dalam salah satu dari 3 tempat dengan pemandangan malam terbaik di Jepang, bersama dengan Gunung Inasa di Nagasaki dan Gunung Rokko di di Kobe.  

Di puncaknya, ada berbagai fasilitas menarik yang bisa diakses dengan menggunakan kereta gantung, bus, dan mobil, seperti pusat observasi (gratis!), berbagai toko souvenir, sebuah café, dan resoran bergaya cafeteria.

Nah, kira-kira apa saja nih yang bisa kita lakukan di Gunung Hakodate?

Melihat Pemandangan Malam

Pemandangan malam dari Gunung Hakodate (ana-cooljapan.com)
Pemandangan malam dari Gunung Hakodate (ana-cooljapan.com)

Pemandangan dari Gunung Hakodate pernah mendapat peringkat tertinggi di Michelin Green Guide Japon, 3 bintang! Pemandangan malamnya juga pernah dinobatkan sebagai pemandangan malam Jepang oleh TripAdvisor. Nikmati indahnya lautan lampu cantik di Hakodate dari puncaknya!

Bermain Salju

Bermain salju di Gunung Hakodate (hakodate.travel)
Bermain salju di Gunung Hakodate (hakodate.travel)

Salju akan turun di Hakodate mulai November dan akan tetap bertahan hingga bulan Maret. Selain bermain di Kota Hakodate, kamu juga bisa bermain di Gunung Hakodate lho. Di sini, kamu bisa bermain ski, trekking, dan snowmobile.  Sangat menyenangkan!.

Melihat Lautan Awan

Lautan awan di Gunung Hakodate (hakodate.travel)
Lautan awan di Gunung Hakodate (hakodate.travel)

Selain menikmati pemandangan malam yang spektakuler dari puncak Gunung Hakodate, kamu juga bisa menikmati lautan awan yang menyelimuti Kota Hakodate. 

Akses ke Gunung Hakodate

Dengan Kereta Gantung

Kereta Gantung Hakodateyama berangkat dari Distrik Motomachi.  Stasiunnya dapat dicapai dengan berjalan kaki selama 10 menit dari Jujigai tram stop (5 menit, jika menggunakan kereta seharga 210 yen dari Stasiun Hakodate) atau dengan menggunakan bus Hakodate dari Stasiun Hakodate dengan harga 210 yen). Kereta gantungnya sendiri bisa ditumpangi dengan membayar biaya sebesar 1500 yen untuk pulang pergi dan 1000 yen untuk one way. Kereta ini beroperasi selama 15 menit sekali dari pukul 10:00 hingga 22:00.

Dengan bus

Mulai dari bulan April hingga pertengahan November, ada beberapa bus yang beroperasi dari Stasiun Hakodate menuju puncak Gunung Hakodate pada malam hari (30 menit dengan biaya 400 yen untuk satu kali perjalanan. Bus ini dioperasikan oleh Hakodate Bus dan memiliki day pass untuk tram dan bus.

Dengan mobil

Jika kamu ingin menggunakan mobil pribadi, ada sebuah jalan tol menuju Puncak Gunung Hakodate. Namun, perhatikan waktu ya, karena jalan ini ditutup mulai pukul 17:00 hingga 22:00 untuk menghindari kecelakaan lalu lintas.

Jangan lupa kunjungi gunung ini ya kalau ke Hakodate nanti!

Sumber:

Japan Guide

Hakodate Travel