Share on

Meski dijuluki “Japan’s Kitchen" (Dapurnya Jepang), Osaka ternyata punya saingan berat lho soal makanan di area Kansai, yaitu Prefektur Hyogo! Melihat luas areanya, tidak aneh memang kalau Prefektur Hyogo punya banyak makanan lezat yang beragam. Nah, inilah 5 makanan lokal Prefektur Hyogo yang bisa bikin air liurmu menetes!

Daging Sapi Kobe

Makanan khas Hyogo japanesestation.com
Daging sapi Kobe (travel.gaijinpot.com)

Kalau membicarakan Hyogo, pasti wajib dong membawa daging sapi Kobe jadi salah satu topiknya. Ya, daging sapi Kobe memang dikenal sangat lezat dan selalu dicari-cari orang meski harganya mahal. Nah, apakah kamu ingin mencoba mencicipi daging ini tapi tidak punya uang banyak? Tenang saja, banyak cara untuk menikmatinya!

Di dekat Stasiun Motomachi, Kobe, kamu akan menemukan sebuah Chinatown terkenal, Nankingmachi. Jalanlah terus menuju pusat kompleksnya dan kamu akan menemukan sebuah “burger van”.  Kios ini terknal dengan jajanan berisi daging sapi Kobe-nya. Ada 2 pilihan, bisa menikmatinya dalam bentuk burger bun, lengkap dengan saus dan salad atau potongan daging dengan bumbu yang bebas kamu pilih sendiri. Harga? Murah! Kamu bisa mendapatkan salah satu dari dua menu di atas lengkap dengan segelas bir hanya dengan harga 1200 yen saja! Sangat worth it kan buat daging lezat?

Akashiyaki

Makanan khas Hyogo japanesestation.com
Akashiyaki (travel.gaijinpot.com)

Takoyaki pasti sudah gak asing kan di telingamu? Tapi, apakah kamu pernah mendengar tentaang saudara sepupunya, akashiyaki?

Mirip seperti takoyaki, bentuk dan komposisinya berbeda-beda di setiap tempat. Namun, akashiyaki memiliki tekstur lebih halus dan lembut. Bola lembut ini juga bukan diisi dengan gurita seperti takoyaki, tapi berisi kaldu, rumput laut, dan katsuobushi. Nah, jadi hati-hati ya memakannya karena isinya yang lembut bisa tumpah-tumpah.

Tapi meski cara memakannya bikin repot, rasanya sangat lezat, jadi gak sia-sia! Ketika dimasukkan ke mulut, makanan berbentuk bulat ini akan meleleh di mulutmu. Yang perlu kamu ingat, tidak ada resep pasti dari akashiyaki, jadi gak rugi kok kalau berkeliling hanya untuk mencicipi berbagai varian akashiyaki.

Taimeshi

Ikan bream di atas nasi panas mungkin tidak aneh, tapi berebda jika dibuat jadi taimeshi. Nah, apa sih taimeshi itu?

Dari luar, taimeshi memang cuma terlihat seperti ikan bream di atas nasi biasa. Tapi, ternyata nasinya beda lho, rasanya unik karena dicampur dengan berbagai rempah-rempah lokal Hyogo. Ikannya sendiri dikukus dengan bumbu garam, jahe, dan kecap.  Paduan rasa ikan dan nasi berbumbunya sangat cocok, membuatnya jadi makanan yang bisa membuatmu nagih! Memang, harga ikan bream tidak murah, apalagi mengingat ikan bream utuh ditaruh di atas nasi begitu saja, bisa-bisa harganya menyamai restoran high-end nih. Tapi karena rasanya yang lezat, sebanding lah dengan harganya.

Sobameshi

Makanan khas Hyogo japanesestation.com
Sobameshi (travel.gaijinpot.com)

Taimeshi memang unik dan menggoda, tapi kadang kita hanyabutuh makanan sederhana (tapi enak), kan? Nah, kalau begitu, coba saja sobameshi!

Seperti namanya, sobameshi merupakan makanan sederhana yang menggabungkan nasi goreng dengan mie soba goreng dipadukan dengan kecap dan dicampur dengan daging ayam atau babi, bawang merah, dan terkadang ditambah teeur gorang sebagai topping. Terlalu banyak karbohidrat memang, tapi buat kamu yang tidak terlalu peduli dengan makanan sehat dan seimbang, sobameshi bisa jadi pilihan tepat buat kamu cicipi!

Sand Lance

Makanan khas Hyogo japanesestation.com
Sand Lance (travel.gaijinpot.com)

Pernahkah kamu melihat ikan kecil berukuran panjang dan kurus dan hobi mengubur dirinya sendiri ke pasir? Nah, itu adalah sand lance! Di Hyogo, ikan aneh ini dibuat menjadi makanan lezat lho.

Makanan ini memiliki warna coklat yang berasal dari sake beras dan saus jahe saat memasaknya.  Ingin memadukan makananmu dengan minuman yang cocok? Minum saja sake beras!

Makanan lezat di Hyogo memang tidak pernah ada habisnya. Karena itu, jangan lupa cicipi makanan di sini ya kalau berkunjung!