Share on

Tidak hanya memiliki berbagai tempat wisata menarik, Matsumoto di Prefektur Nagano, area Chubu juga memiliki makanan khas yang rasanya menggugah selera. Kira-kira apa saja ya? Simak listnya yang dilansir dari Matcha ini ya!

Advertise With Us

Sanzokuyaki Fried Chicken

Sanzokuyaki (matcha-jp.com)
Sanzokuyaki (matcha-jp.com)

Jika berbicara tentang makanan lokal terpopuler di Nagano dan Matsumoto, Sanzokuyaki jawabannya! Nama makanan ini sebenarnya merupakan permainan kata lho. Di Jepang, ayam goreng  disebut “tori age” yang juga bisa berarti “mencuri.” Karena itu, kanji yang digunakan untuk menulis “sanzoku” adalah “gunung” dan “pencuri,” memberi kesan bahwa kota yang dikelilingi gunung ini menyembunyikanan makanan yang dapat mencuri hati.

Makanan ini terbuat dari dada ayam yang direndam dalam saus berbahan dasar kecap dan digoreng dengan tepung yang dibumbui dengan bawang putih dan rempah-rempah lain. Biasanya, makanan ini disajikan di atas kol dan lettuce dengan satu slice lemon di sisinya untuk menambah rasa segar.

Shinshu Soba

Shinshu Soba. (matcha-jp.com)
Shinshu Soba. (matcha-jp.com)

Berikutnya, ada Shinshu Soba, mie soba khas Prefejtur Nagano. Nah, meski Shinshu Soba bisa kamu temukan di seluruh penjuru Prefektur Nagano, tempat terbaik untuk menikmati mie ini adalah di Matsumoto karena jumlah restorannya yang banyak.

Salah satu restoran Shinshu terpopuler di kota ini adalah Kobayashi yang terletak di sebelah Kuil Yohashira. Restoran ini menyajikan berbagai menu soba dan set meal, seperti soba yang disajikan di dalam sebuah kotak persegi dengan variasi dingin atau panas. Harganya berkisar antara 700 yen hingga 2.000 yen, tergantung dengan menu yang dipesan. Enaknya lagi, menu di sini disajikan dalam bahasa Inggris, asyik kan?

Shinshu Salmon

Shinshu Salmon. (matcha-jp.com)
Shinshu Salmon. (matcha-jp.com)

Meski agak aneh membayangkan ikan laut menjadi makanan khas Prefektur Nagano yang lokasinya sangat jauh dari laut, prefektur ini ternyata  punya salmon sebagai salah satu makanan khasnya!

Lagi-lagi Matsumoto lah tempat terbaik untuk mencicipi makanan ini. Mulai dari sushi hingga ikan bakar, ada di sini!

Meski tidak ada restoran khusus Shinshu salmon di sini, salmon ini dapat kamu temukan di berbagai restoran, terutama di izakaya.  Jangan lupa coba ya!

Nagano Miso Ramen

Nagano Miso Ramen. (matcha-jp.com)
Nagano Miso Ramen. (matcha-jp.com)

Meski lebih sering diasosiasikan dengan Kyushu, Nagano juga punya ramen khas lho. Namanya Nagano Miso Ramen.

Ya, Nagano memang terkenal dengan miso-nya. Karena itu, jika kamu melihat brosur tentang Matsumoto, ramen dengan kuah miso lah yang menjadi salah satu makanan paling direkomendasikan di prefektur ini. Nah, jika ingin mencicipi Nagano miso ramen, salah satu restoran yang jadi rekomendasi adalah Mensho Sakura, restoran ramen populer yang dekat dengan Kastil Matsumoto. Cocok nih dijadikan tempat makan siang setelah jalan-jalan!

Oyaki

Oyaki. (matcha-jp.com)
Oyaki. (matcha-jp.com)

Jika sebelumnya ada menu-menu makanan berat, menu terakhir di list ini adalah snack bernama oyaki!

Snack yang hanya bisa kamu temukan di Nagano ini dibuat dengan membuat adonan dari tepung gandum yang dibentuk menjadi bola berdiameter 8 hingga 10 centimeter.  Bola-bola ini kemudian diisi dengan berbagai sayuran atau pasta kacang merah. Setelah itu, digoreng deh di atas api kecil dengan sedikit minyak lalu dipanggang di atas arang.  

Selain isian di atas, ada berbagai rasa lain lho yang populer sekarang. Misalnya rasa kentang, labu, apel, dan keju.  Sangat cocok buat teman bersantai setelah jalan-jalan!

Oyaki bisa kamu temukan di seluruh penjuru Matsumoto. Ada berbagai toko dan café yang menyajikan oyaki. Saking populernya, snack ini bisa ditemukan di berbagai toko souvenir, grocery store dan konbini,

Itulah 5 jenis makanan khas Matsumoto  yang lezat. Ingin mencobanya suatu saat?