Share on

Mie soba adalah salah satu makanan tradisional Jepang yang terkenal, yang terbuat dari tepung gandum. Mie ini bisa diolah menjadi aneka hidangan, seperti mie soba dengan saus salmon dan ponzu, mie soba tofu dan salad sayuran dengan kuah miso, hingga salad mie soba udang dan asparagus. Kali ini akan diulas mengenai salad mie soba dengan daging sapi sebagai bahan utamanya yang menggoda selera. Nikmati daging sapi bagian punggung belakang, mie soba dan sayuran segar, yang ditaburi biji wijen, dengan rahasia resep ini ada dalam sausnya. Simak resepnya di bawah ini dikutip dari japanbullet.com!

Advertise With Us

Bahan-bahan

Daging sapi seberat 600 g daging, dipangkas lemaknya 1 sendok makan pasta miso 1 sdm minyak bunga matahari 3 sendok makan mirin 270g mie soba 1 tandan gai laan (brokoli cina), panjangnya 5cm 2 sendok makan biji wijen panggang, sisakan untuk ditaburi 2 wortel kecil, belah dua, iris tipis diagonal 1/2 sdm lobak merah muda kecil, iris tipis 2 sendok makan tamari atau soy sauce 1 sdm sirup maple Acar jahe, untuk disajikan Biji edamame, dimasak hingga empuk, untuk disajikan Lembaran nori, untuk disajikan

Cara Pembuatan

Tempatkan daging sapi di atas piring, campurkan miso, minyak dan 1 sendok makan mirin dalam mangkuk kecil ke pasta dan oleskan seluruh daging sapi.

Panaskan piring bbq atau chargrill di atas api sedang, masak daging sapi selama 3 menit tiap sisinya hingga hampir matang. Diamkan selama 5-10 menit sebelum memotongnya.

Letakkan panci berukuran sedang berisi air di atas kompor hingga mendidih, masak soba selama 2 menit, tambahkan batang gai laan dan masak selama 30 detik lalu tambahkan daun gai laan dan masak 30 detik lagi, tiriskan dan kembalikan ke dalam panci. Aduk dengan lembut bersama biji wijen, wortel, lobak, tamari, sirup maple dan 2 sendok makan mirin.

Sajikan mie dengan acar jahe, edamame, lembaran nori dan letakkan irisan daging sapi di atasnya. Taburi dengan biji wijen sesuai selera.