Share on

Apel Aomori memang sangat lezat! Apel-apelnya disebut-sebut punya rasa lebih manis, dengan tekstur renyah tapi tetap juicy, belum lagi ukurannya yang besar dan wanginya yang nikmat! Nah, tapi pernahkah kamu berpikir mengapa apel asal Aomori bisa sempurna seperti itu ya? Untuk lebih jelasnya, yuk kita kenalan dengan apel Aomori, apel terbaik di Jepang!

Apel Aomori, Bantuan Bagi Para Mantan Samurai

Apel di Hirosaki, Aomori (kyuhoshi.com)
Apel di Hirosaki, Aomori (kyuhoshi.com)

Aomori, prefektur paling utara Honshu ini memang dikenal sebagai produsen apel terbesar di Jepang. Tapi, kira-kira bagaimana ya cerita Aomori hingga menjadi produsen apel terbesar di Jepang? Ternyata, fakta-fakta sejarahnya membawa kita kembali ke Restorasi Meiji pada tahun 1868 di mana kaisar menghapus kelas samurai. Para mantan samurai ini tidak memiliki pekerjaan dan uang, karena itu kebanyakan dari mereka mulai mencoba bercocok tanam.

Cuaca dingin Aomori memang tidak cocok dan menghalangi produksi beras, tapi musim panasnya yang dingin sangat ideal untuk pertumbuhan apel. Karena itu, Departemen Perindustrian Jepang di Kementerian Dalam Negeri sibuk mengintegrasikan dan mengembangkan produk pertanian baru dari Barat, dan mereka membawa kembali bibit apel dari Amerika Serikat. Delapan tahun setelah Restorasi Meiji, 3 bibit apel dibagikan kepada para mantan samurai di Aomori. Akhirnya, apel Aomori jadi seperti sekarang deh!  

Mengapa Apel Aomori jadi Apel Terbaik di Jepang?

Apel Aomori (kyuhoshi.com)
Apel Aomori (kyuhoshi.com)

Seperti sudah seiebut di atas, cuaca Aomori sangat cocok untuk menanam apel-apel segar. Namun, selain karena hal itu, ada beberapa hal lain lho yang bikin produksi apel di sini bagus, misalnya, tanahnya. Seperti yang sudah diketahui, hanya tanah subur dengan kondisi cuaca yang baik yang bisa menumbuhkan apel berkualitas tinggi, dan tentunya dibarengi juga kerja keras dan komitmen kuat! Ya, kondisi cuaca yang baik bukan berarti kita dapat menanam apapun yang kita mau, namun itu juga bergantung pada keadaan tanahnya.

Meskipun begitu, tidak semua apel dapat tumbuh di manapun. Mungkin saja tipe apel yang biasa tumbuh di Aomori tidak bisa tumbuh di Furano. Selain itu, menanam apel berkualitas tinggi membutuhkan waktu setahun penuh dan produktivitasnya juga bergantung pada hal ini!

Apel Aomori (tokyoweekender.com)
Apel Aomori (tokyoweekender.com)

Para petani apel di Aomori adalah pekerja keras. Mereka selalu membungkus setiap apelnya dengan plastik.  Hal ini dilakukan untuk membuat apel tumbuh besar dengan rasa lezat tanpa mengurangi nutrisinya. Selain itu, dengan membungkus apel berarti mencegah serangga masuk ke dalamnya.

Untuk memanen apel berkualitas tinggi, tentunya butuh sinar matahari kan? Karena itu, petani-petani di Aomori selalu memangkas bagian-bagian pohon apel di waktu yang tepat sehingga mereka mendapat cahaya matahari yang cukup. Mereka juga selalu memangkas rumput di sekitarnya sebelum mereka tumbuh terlalu tinggi. Para petani di Aomori juga sangat peduli dengan nutrisi dalam buah yang ditanamnya, karena itu mereka membuang buah yang tidak sehat dan tidak berguna dari pohonnya sehingga hanya apel bergizi lah yang tumbuh.

Karena semua hal di ataslah Aomori mendapat reputasi sebagai area yang memproduksi apel paling berkualitas di Jepang. Kini, apel Aomori juga telah diekspor ke berbagai negara di Asia.