Share on

Buat yang berjiwa petualang, tempat wisata seperti pusat perbelanjaan di pusat kota pastinya kurang menantang. Nah, ada kabar baik nih buat para petualang yang berencana ke Jepang, kamu bisa coba mengunjungi Shirakami Sanchi yang terletak di Aomori sebelah utara Pulau Honshu, Jepang.

Advertise With Us

Shirakami Sanchi merupakan tempat indah dengan air terjun cantik, gunung, danau, dan jalur hiking. Tempat ini juga merupakan satu-satunya rumah bagi pohon beech yang tersisa di Asia Tenggara. Karena itu, pada tahun 1993, tempat ini dinobatkan sebagai salah satu Warisan Alam Dunia di Jepang oleh UNESCO. Hingga saat ini, hanya ada empat situs  warisan alam dunia di Jepang, yaitu Shirakami Sanchi di Aomori; Yakushima di Kagoshima; Shiretoko di Hokkaido; and Kepulauan Ogasawara di Tokyo.

Dengan dinobatkannya Shirakami Sanchi sebagai salah satu warisan alam dunia, artinya tempat ini dilindung dari sentuhan manusia. Karena itu, banyak tumbuhan dan hewan-hewan unik yang tinggal di sini, seperti burung pelatuk hitam, serow hitam, elang gunung, elang emas, kera Jepang, dormouse, dan beruang hitam Asia.

Nah, kalau dilindungi, apakah kita masih bisa mengunjungi tempat ini? Jangan khawatir! Tempat ini masih bisa dikunjungi turis, hanya saja butuh izin terlebih dahulu. Misalnya, jika kamu ingin hiking di kawasan Shirakami Sanchi, kamu harus meminta izin terlebih dahulu ke kantor setempat. Meskipun begitu, masih ada bagian yang bisa kamu masuki tanpa perlu izin terlebih dahulu kok! Misalnya, Air Terjun Anmon, Danau Juniko dan Gunung Shirakamidake.

Air Terjun Anmon terdiri dari 3 air terjun yang memiliki tinggi berbeda, yang terpendek memiliki tinggi sekitar 50 meter. Tinggi air terjun ini bervariasi, dan semakin masuk ke dalam hutan, semakin tinggi pula air terjunnya.

Wisata Alam di Shirakami Sanchi Aomori
Air Terjun Anmon (en.aomori.com)

Tidak jauh dari Air Terjun Anmon, kamu akan menemukan sebuah kolam bernama Kolam Aoike. Kolam cantik ini merupakan bagian dari Danau Juniko, danau berwarna biru safir yang memberi kesan misterius.

Wisata Alam di Shirakami Sanchi Aomori
Kolam Aoike di area Shirakami Sanchi, Aomori (travel.gaijinpot.com)

Buat kamu yang suka mendaki gunung, Gunung Shirakamidake bisa jadi pilihan tepat. Gunung tertinggi di kawasan Pegunungan Shirakami ini menyajikan pemandangan cantik dari puncaknya. Tempat ini cocok dikunjungi ketika musim gugur, jadi kamu bisa melihat indahnya daun musim gugur dari puncak gunung ini.

Wisata Alam di Shirakami Sanchi Aomori
Pemandangan daun musim gugur dari Gunung Shirakamidake (travel.gaijinpot.com)

Untuk mengunjungi kawasan Shirakami Sanchi, kamu bisa menggunakan JR Goro Line yang menghubungkan area Aomori dan Akita, serta melewati seluruh area Shirakami Sanchi. Perjalanannya membutuhkan waktu cukup lama, sekitar 5-6 jam. Meskipun begitu, lama oerjalanan terbayar dengan pemandangan indah Shirakami Sanchi, kan?