Share on

Apakah kamu senang dengan hal-hal yang berhubungan dengan samurai? Kalau begitu, cocok nih berkunjung ke Kota Samurai Aizu Wakamatsu! Di sini banyak peninggalan samurai zaman Edo yang menarik lho.

Aizu Wakamatsu berlokasi di barat Prefektur Fukishima, area Tohoku, Jepang. Kota yang dikelilingi oleh Gunung Bandai ini sangat kental dengan imagenya sebagai kota samurai di area Aizu, bahkan, kota ini masih menyimpan sisa-sisa kota samurainya lho, misalnya Aizu Samurai Residence, kompleks perumahan samurai Aizu, Nisshin-kan School, sekolah bagi anak-anak samurai, Kastil Tsuruga-jo, dan Aizu Shinsengumi Memorial Hall, semacam museum untuk mengenang Shinsengumi. Nah, ingin tahu lebih banyak tentang hal menarik di Aizu Wakamatsu?

Kastil Tsuruga-jo

Kota Samurai Aizu Wakamatsu

Pertama, ada Tsuruga-jo, sebuah kastil yang dibangun pada sekitar 630 tahun lalu oleh Naomori Ashina dengan nama Higashi Kurokawa Hall. Kastil ini merupaakn saksi dari sebuah pertempuran brutal yang berlangsung selama 1 bulan, Boshin Civil War. Kastil ini sempat dihancurkan pada tahun 1874, namun dibangun kembali pada 1965, dan pada tahun 2001, dibangun dua buah balkon yang menempel pada menaranya.

Dalam menaranya, ada museum rakyat di mana kamu bisa mempelajari sejarah Aizu. Pada 2011, restorasi menaranya selesai, mengembalikan atap merah sepeerti pada era Tokugawa dulu. Cantik!

Aizu Samurai Residence

Samurai Aizu Wakamatsu

Berikutny, ada Tanomo Saigo, sebuah kompleks perumahan bekas tempat tinggal para samurai tertinggi zaman Edo. Di sini juga ada bebapa bangunan peninggalan zaman Edo seperti sebuah tea house, penggilangan beras, dan berbagai bangunan lain. Ada juga sebuah rumah ala Jepang berisi demonstrasi bagaimana para keluarga samurai hidup di zamam dahulu. Tak hanya itu, ada juga beberapa toko dimana kamu dapat membeli souvenir khas Aizu dan mencicipi berbagai makanan lokalnya.

Aizu Shinsengumi Memorial Hall

Samurai Aizu Wakamatsu

Nah buat fans Shinsengumi, wajib nih datang ke Aizu Shinsengumi Memorial Hall di kawasan Nanokamachi Street.

Pada lantai pertama ada sebuah toko barang antik yang disebut Mukashiya, dan di lantai dua ada sebuah museum yang menampilkan berbagai benda kenangan dari Klan Aizu, Shinsengumi, dan berbagai tentara yang menjadi ally.

Kamu juga bisa melihat beberapa situs bersejarah seperti makam Hajime Saito, salah satu pemimpin Shinsengumi dan Shimizuya Inn, tempat di mana Toshizo Hijikata menginap selama di Aizu. Kamu juga bisa mencoba cosplay menjadi seorang Shinsengumi dengan meminjam Haori dan memakainya untuk berfoto!

Aizu Clan School Nisshinkan

Samurai Aizu Wakamatsu

Nisshin-kan adalah institusi pendidikan tertinggi yang dimiliki oleh Klan Aizu. Sekolah ini berfungsi untuk memproduksi member elit di masyarakat. Anak laki-laki dari keluarga samurai biasanya mulai masuk ke Nisshin-kan ketika mereka berusia 10 tahun. Sekolah ini memiliki berbagai fasilitas seperti sebuah gym untuk belajar bela diri, sebuah observatory, kolam tertua di Jepang, dan masih banyak lagi.

Kini, Nisshin-kan terbuka untuk umum dan para pengunjung dapat mengikuti berbagai aktivitas seperti kyudo atau memanah ala Jepang, latihan zen, melukis berbagai karya seni lokal, dan masih banyak lagi.

Aizu Kozuyu

Samurai Aizu Wakamatsu

Setelah berjalan-jalan melihat Kota Samurai ini, enaknya mencicipi makanan khas Aizu kan? Nah, ada Aizu Kozuyu, sebuah sup lezat yang terbuat dari kerang kering yang dibumbui dengan garam dan kecap. Sup ini berisi kentang satoimo, berbagai jamur, kacang ginko, dan bola gandum yang disebut mamefu. Makanan ini merupakan makanan wajib untuk perayaan dan festival. Lezat!

Siap berkunjung ke Kota Samurai Aizu Wakamatsu?