Berita Jepang | Japanesestation.com

Tidak hanya masker, produk kesehatan lain seperti hand sanitizer di Jepang juga ikut langka akibat pandemi COVID-19. Untuk menyiasatinya, pemerintah Jepang memutar otak mencari cara agar hand sanitizer bisa kembali ke pasaran hingga akhirnya memutuskan untuk mengganti hand sanitizer dengan sesuatu yang tidak biasa, yaitu dengan minuman beralkohol. Ya, Kementerian Kesehatan Jepang memutuskan untuk memperbolehkan minuman beralkohol Jepang dengan kadar konsentrasi alkohol setidaknya mencapai 70% dan tidak lebih tinggi dari 83% untuk diperjualbelikan di pasaran dan digunakan sebagai desinfektan untuk mencuci tangan.

Hal inilah yang membuat para produsen bir untuk mulai memproduksi minuman dengan kadar alkohol sangat tinggi, salah satunya  Kusunohana Distillery dengan produknya, Kusunohana Flavored Spirits 75.

Apa itu Kusunohana Flavored Spirits 75?

Kusunohana Flavored Spirits 75 (grapee.jp)
Kusunohana Flavored Spirits 75 (grapee.jp)

Kusunoha Flavored Spirits 75 merupakan minuman beralkohol Jepang dengan wangi lemon ringan yang mengandung alcohol dengan konsentrasi 75%. Produk ini diproduksi di Kusunohana Distillery, pabrik penyulingan milik  Stilldam Saga Co., Ltd. yang baru saja menerima linsensi produksi pada bulan April lalu.

Untuk membuatnya, Stilldam Saga Co., Ltd memproses kulit lemon Kashima organik dengan sangat hati-hati, mencelupkannya ke dalam liquor junmai shochu yang berasal dari Tenzan Sake Brewery, dan diredistilasi kembali menggunakan distiller asal Belanda, iStill.

Kamu dapat menikamatinya dengan berbagai cara, seperti on the rocks, mengencerkannya dengan air, atau membuatnya menjadi cocktail. Dan tentunya, dibuat menjadi penganti hand sanitizer karena kadar akoholnya yang sangat tinggi.  

Minuman beralkohol ini sebenarnya dijual dengan harga sekitar 3.000 yen, tapi karena situasi terkini di mana Jepang masih menghadapi virus COVID-19,  Stilldam Saga Co., Ltd. menjualnya dengan harga 1.700 yen saja sehingga para konsumen bisa menggunakannya sebagai hand sanitizer.  

Hanya saja, untuk sementara Kusunohana Flavored Spirits 75 hanya akan dijual di toko liquor di Prefektur Saga berikut:

  • Super Morinaga supermarkets (10 lokasi),
  • Tamaya Saga (Nakanokoji), Yamada Liquor Store (Akamatsucho),
  • Shimenawa (Konohigashi 1-chome),
  • Asahiya (Nabeshimamachi Kakihisa)

Ide yang unik ya? Apakah kamu tertarik untuk mencuci tangan dengan minuman beralkohol juga?