Share on

Ingin mencoba bermain ski tapi di saat yang bersamaan, ingin menikmati sensasi berendam di onsen, melihat kuil cantik dan mencicipi makanan lezat sekaligus? Datang saja ke Prefektur Nagano, Jepang! Dengan melakukan perjalanan wisata ke Prefektur Nagano, kamu bisa melakukan banyak hal menarik!

Advertise With Us

Dilansir dari Japan Guide, Prefektur Nagano adalah prefektur yang dikelingi dengan gunung-gunung di tengah Honshu, area Chubu. Selain dikenal dengan tempat wisatanya, Nagano juga dikenal sebagai tuan rumah Olympic Winter Games pada tahun 1998. Nah, apa saja nih kegiatan menarik yang bisa kamu lakukan di Prefektur Nagano?

Hiking di Kamikochi

Kamikochi (japan-guide.com)
Kamikochi (japan-guide.com)

Salah satu spot sightseeing populer di Prefektur Nagano adalah Kamikochi, sebuah resort yang terletak di area Pegunungan Alpen Jepang-nya Nagano. Area ini hanya dibuka mulai pertengahan April hingga tanggal 15 November saja, jangan sampai salah tanggal ya!

Area yang dikelilingi berbagai gunung tinggi ini memiliki beberapa  toko souvenir, pondok-pondok, dan  jalur hiking. Di tengahnya, ada Kappabashi (Jembatan Kappa). Jika terus mengikuti jalur hiking dari Kappabashi, kamu akan melihat sebuah lembah cantik.

Lembah di Kamikochi (japan-guide.com)
Lembah di Kamikochi (japan-guide.com)

Cara paling nyaman untuk jalan-jalan di Kamikochi adalah dengan mendaki dengan rute menyusuri Azusa River dari Taisho Pond ke Myojin Bridge. Rute ini bisa dilalui dengan mudah, bahkan bagi yang belum pernah mendaki sekalipun. Asyik kan?

Berendam dan Ski di Yamanouchi

Monyet  berendam di Jigokudani Park (japan-guide.com)
Monyet berendam di Jigokudani Park (japan-guide.com)

Berikutnya, ada Yamanouchi, area di selatan Prefektur Nagano ini penuh dnegan berbagai spot wisata menarik misalnya Jigokudani Monkey Park yang unik dengan monyet-monyer liar yang mandi di onsennya. Nah, bukan cuma monyet lho yang bisa mandi di sini, ada Shibu Onsen dan Yudanaka Onsen yang nyaman.

Shibu Onsen (japan-guide.com)
Shibu Onsen (japan-guide.com)

Tak hanya itu, ski resort terbesar di Jepang, Shiga Kogen, juga terletak di Yamanouchi. Dengan hanya satu tiket di tangan, para skier dan snowboarder dapat melakukan olahraga favorit mereka sepuasnya!

Menjelajahi Kota Nagano

Zenguji (japan-guide.com)
Zenkoji (japan-guide.com)

Kota Nagano adalah ibu kota dari Prefektur Nagano. Kota ini dikenal sebagai kota kuil dengan adanya Zenkoji, salah satu kuil terpopuler di Jepang. Kota ini juga sempat menjadi tuan rumah Winter Olympic Games pada 1998, dan beberapa fasilitas terkaitnya masih bisa ditemukan! 

Jika berjalan ke area hutannya di barat laut kota, ada Togakushi, area yang dikenal sebagai rumah dari sekolah ninja legendaris, Togakure Ninja School. Ada juga Togakushi Ninpo Museum dan Kids Ninja Village buat fans ninja!

Mencicipi Shinshu Soba

Setelah lelah berjalan-jalan, waktunya beristirahat dengan memakan makanan khas Nagano, Shinshu Soba!

Shinshu Soba yang direkomendasikan oleh situs wisata resmi prefektur tersebut ini dibagi menjadi 3 jenis, Takato Soba, Tomikura Soba, dan Toji Soba. Apa bedanya?

Takato Soba adalah soba yang disajikan bersama tsuyu dan pasta miso panggang. Tsuyu dituangkan ke atas miso dan diaduk, jadi deh dipping sauce lezat untuk sobamu.

Takato Soba (go-nagano.net)
Takato Soba (go-nagano.net)

Tomikura soba terbuat dari serat tumbuhan yang membiat adonannya terasa lebih elastis dan kuat. Adonannya dapat dibentuk hingga sangat tipis. Soba semi tembus pandang ini sangat lezat!

Tomikura Soba (go-nagano.net)
Tomikura Soba (go-nagano.net)
Tji Soba (go-nagano.net)
Tji Soba (go-nagano.net)

Toji Soba, jenis soba unik ini bisa kamu temukan di beberapa area seperti Matsumoto dan Kiso Valley. Berbeda dengan soba lain, Toji Soba disajikan bersama sebuah nabe pot besar yang diisi dengan bernagai sayuran dan tsuyu, lalu dipanaskan. Sebelum dimakan bersama kuahnya, mie direndam dalam kaldu terlebih dahulu sebelum dimakan bersama sayuran dalam.pot, mirip dengan shabu-shabu. Cocok buat musim dingin!

Itulah hal menarik yang bisa kamu lakukan di Prefektur Nagano. Jangan lupa berkunjung ya suatu hari nanti!

Sumber: berbagai sumber