Share on

Kumamoto dikenal sebagai surga bagi pecinta kuliner di Pulau Kyushu. Nah, dari sekian banyaknya varian makanan di Kumamoto, ada 8 jenis makanan khas yang wajib kamu coba jika berkunjung ke prefektur yang dikenal dengan maskot beruangnya ini. Apa saja?

Advertise With Us

Basashi

8 Makanan Khas Kumamoto Buat Para Foodies
Basashi (tsunagujapan.com)

Pertama, ada Basashi (daging kuda mentah), salah satu hidangan terpopuler asal Kumamoto yang juga merupakan simbol dari masakan daerah Jepang yang membuat turis mengunjungi Kumamoto hanya untuk mencicipinya. Daging kuda ini jadi favorit karena rasanya yang gurih dan kuat tanpa bau menyengat. Teksturnya yang lembut dengan rada manis di tiap gigitannya serasa meleleh di mulut, lezat! Daging kuda asal Kumamoto ini memang mampu membuatmu tidak ingin mencoba daging kuda di tempat lain saking lezatnya.

Jika ingin mencobanya, bisa datang ke restoran Umasakura dan Umakatsuzo.

Homare no Jindaiko

8 Makanan Khas Kumamoto Buat Para Foodies
Homare no Jindaiko (trip101.com)

Dari makanan berat, mari ke makanan ringan! Nah, Kumamoto punya yang namanya Homare no Jindaiko. Snack ini memiliki rasa manis yang dihasilkan dari soft flower confection dengan pasta kacang merah anko, membuat bentuknya mirip degan mochi. Biasanya, ankonya dibuat dari kacang azuki khusus dari Hokkaido, sementara mochinya sendiri dibuat dari air jernih dari area Aso. Snack ini sangat menverminkan Kumamoto dan area Kyushu, baik dari tampilan maupun rasanya. Homare no Jindaiko juga sangat mudah didapatkan karena tersedoa di mana-mana, membuatnya makin terkenal di kalangan turis.

Taipinyen

8 Makanan Khas Kumamoto Buat Para Foodies
Taipinyen (tsunagujapan.com)

Kembali ke makanan berat, ada Taipinyen. Makanan ini merupakan sebuah sup mirip ramen dan champon yang terdiri dari kombinasi berbagai sayuran dan bihun dengan kaldu ayam atau babi yang gurih. Biasanya, Taipinyen memiliki topping berupa daging kepiting, jamur, daging babi, telur, dan jagung untuk menghasilkan rasa halus dan sederhana. Ayo ke Kumamoto dan rasakan nikmatnya makanan ini!

Ramen Kumamoto

8 Makanan Khas Kumamoto Buat Para Foodies
Ramen Kumamoto (delawaretoday.com)

Berikutnya, ada makanan yang sudah tidak asing lagi kamu dengar, ramen. Nah apa yang spesial dari ramen Kumamoto? Jika dibandingkan dengan variasi ramen ala Hakata di Fukuouka, rasa ramen Kumamoto punya tekstur mie yang lebih tebal. Kaldunya juga merupakan perpaduan dari kaldu daging ayam dan tulang babi, menghasilkan rasa yang mild namun kuat. Perbedaan paling mencolok adalah aroma bawang putih kogashi-nya kuat dan unik. Tak hanya itu, makanan ini juga tidak memiliki bau daging babi yang khas layaknya Hakata ramen, namun, rasanya malah terasa lebih kaya. Lokasi terbaik untuk mencicipi ramen Kumamoto adalah restoran Kokutei, buka 7 hari dalam seminggu, mulai dari 10:30 pagi hingga 8:30 malam.

Ikinari dango

8 Makanan Khas Kumamoto Buat Para Foodies
Ikinari Dango (kumavisit.com)

Selain Homare no Jindaiko, ada wagashi lain, namanya Ikinari dango. Makanan ini merupakan dumplings manis yang dikenal dapat langsung dibuat ketika ada pelnggan yang memesan. Homare ni Jindaikoi merupakan wagashi paling terkenal di Kumamoto dan dapat dinikmati oleh anak-anak maupun orang dewasa. Meskipun dibuat dari bahan sederhana seperti ubi, kacang azuki, dan tepung terigu, makanan manis ini bisa bikin kamu nagih dan kangen kue-kue sederhana buatan rumah. jika ingin mencicipi wagashi ini, kamu bisa mendapatkannya di toko-toko kue.

Akagyu Burgers

8 Makanan Khas Kumamoto Buat Para Foodies
Akagyu Burgers (tsunagujapan.com)

Buat pecinta burger, harus coba Akagyu burgers (burger daging merah) yang dibuat dari 100% daging Akagyu asli, yang diambil dari sapi khusus di area Aso.  Daging Akagyu punya tekstur yang lembut, juicy, dan memiliki rasa yang lezat. Tak hanya itu, dahingnya juga memiliki volume tebal namun hanya memiliki sedikit lemak, cocok buatmu yang sedang diet. Ingin mencicipinya? Datang saja ke Denory's Diner dan Restaurant Rosso!

Sakura croquettes

Nah, Kumamoto juga punya makanan khas berupa cemilan asin, namanya Sakura croquettes, kroket asli Kumamoto. Kroket ini dibuat dari daging kuda berkualitas tinggi yang sangat juicy, sangat matching dengan lapisan luar kroket yang crunchy. Apalagi, rasa manis dari daging kudanya tidak terlalu menonjol, namun aroma dan rasanya tetap mampu membuatmu nagih! Cocok banget buat kamu yang mencari light meal lezat. Kroket ini bisa didapatkan di toko daging Niku ni Miyabe.

Karashi Renkon

8 Makanan Khas Kumamoto Buat Para Foodies
Karashi Renkon (savorjapan.com)

Terakhir, ada karashi renkon. Snack bertekstur kenyal ini dibuat dari renkon (akar teratai) dan karashi miso pedas. Snack ini juga dilengkapi dengan saus yang terbuat dari mustard dan miso yang sangat menggoda hidungmu. Sebenarnya, karashi renkon dibuat sebagai makanan sehat. Namun, kini banyak orang yang menikmati karashi renkon dengan shochu, (minuman keras yang disuling). Aromanya yang tidak biasa mungkin akan membuatmu kaget pada awalnya, tapi lama-kelamaan akan membuatmu nagih!

Sepertinya enak ya? Jangan lupa cicipi makanan khas ini ya kalau ke Kumamoto nanti!