Share on

Mendadak kangen masakan Cina tapi sedang di Jepang? Atau bosan dengan suasana Jepang? Jangan khawatir, datang saja ke Chinatown Yokohama! Pecinan terbesar di Tokyo, Kanto ini punya sekitar 600 toko dan restoran Cina yang bisa bikin kamu betah.

Advertise With Us

Tidak hanya jajanan lezat di toko-toko dan restorannya, kamu juga bisa menemukan banyak hal menatik lain lho di sini. Pensasaran? Ayo simak 6 hal menarik yang bisa dilakukan di Chinatown Yokohama berikut!

Gerbang cantik

Sebelum memasuki area inti, kamu akan disambut oleh sebuah gerbang besar berwarna-warni. Nah ternyata, gerbang besar ini tidak Cuma 1 lho, ada 5! Kelima gerbang ini dinamai berdasarkan dewa-dewa penjaga di mitologi Jepang dan Cina. Para dewa itu juga dipercaya “tinggal” di gerbang ini untuk melindungi Chinatown. Nah, dewa apa saja yang dijadikan nama gerbang ini?

Gerbang Timur (Choyo-mon) berkaitan dengan Dewa Naga Azure sang pemberi kemakmuran; Gerbang Selatan (Suzaku-mon) berkaitan dengan Suzaku, burung vermillion yang membawa keberuntungan dan perlindungan dari bencana; Gerbang Utara (Genbu-mon) berkaitan dengan Kura-kura Hitam yang sering diasosiasikan dengan Dewa Xuanwu di Cina dan Genbu di Jepang; Gerbang Barat (Enpei-mon) berkaitan dengan Harimau Putih, dewa di mitologi Cina yang biasa disebut Baihu di Cina dan Byakko di Jepang. Gerbang Barat ini melambangkan perdamaian.

Terakhir, ada gerbang Zenrin-mon, gerbang yang dikenal sebagai “Gerbang Hubungan Baik” ini merupakan gerbang paling populer di Chinatown karena memliki warna merah terang. Gerbang ini menjadi simbol hubungan hangat antar manusia.

Mengunjungi Kuil Kanteibyo

Kuil berrwarna merah terang yang telah berdiri sejak 1873 ini didedikasikan untuk dewa kemakmuran dan bisnis Cina. Di kuil ini, para pengunjung bisa berdoa dan menyalakan dupa di depan kuil. Pada malam hari, kuil ini akan diterangi oleh cahaya dari lampion dan lentera, menambah pesona kuil ini.

Jajanan lezat

Sakah satu keunggulan Chinatown Yokohama adalah jajanan streetfood-nya yang melimpah Di tempat ini, kamu bisa menemukn jajanan khas Cina yang lezat dengan harga terjangkau. Mulai dari bakpau hingga chestnut bakar semua tersedia di Chinatown. Tidak perlu kangen lagi kan dengan makanan Cina?

Mengisi perut di Restoran Cina

Jika jajanan tradisional belum cukup, kamu bisa coba makan di restoran di tempat ini. Ada banyak masakan unik khas Cina yang bisa bkin air liur menetes. Contohnya, mabodofu. Mabodofu adalah makanan khas Provinsi Sichuan di Cina. Masakan yang terbuat dari tofu dengan kuah yang terbuat dari kacang merah pedas dan daging ini bisa kamu temukan di restoran-restoran di Chinatown. Tinggal pilih saja!

Beli oleh-oleh

Jalan-jalan tentunya tidak lengkap kalau belum beli oleh-oleh kan? Nah, di Chinatown Yokohama, kamu bisa menemukan banyak oleh-oleh khas Cina dengan harga terjangkau. Mulai dari makanan hingga benda-benda unik seperti lampion, lentera, hingga jimat keberuntungan dan dress khas Cina, “qipao” ada di sini.

Buat kamu yang suka benda-benda imut, bisa coba kunjungi toko Panda Memorabilia. Di sini, banyak souvenir berbentuk panda yang imut!

Merayakan Tahun Baru Cina

Chinatown Yokohama terkenal dengan perayaan Tahun Baru Cina-nya yang besar-besaran. Jalan-jalannya dihiasai dengan berbagai lentera, lampion, dan naga-naga berwarna-warni. Selain itu, ada parade barongsai besar di sepanjang jalan Chinatown. Jadi, jika kebetulan berkunjung ke Yokohama pada saat Tahun Baru Cina, jangan lupa datang ke tempat ini ya!