SHARE THIS ARTICLE

Gua Ryusendo yang terletak di Iwaizumi, Prefektur Iwate adalah satu dari tiga gua batu kapur terbesar di Jepang yang juga adalah sebuah monumen alam nasional.

Dari seluruh panjang total gua Ryusendo yang diperkirakan mencapai lebih dari 5000 meter, baru sekitar 3100 meter di antaranya telah dieksplorasi. Pengunjung gua ini dapat turut serta dalam sebuah tur mengelilingi gua, yang memakan waktu sekitar 30 menit.

Mata air murni yang mengalir di dalam gua ini membentuk beberapa danau bawah tanah yang cukup dalam, dengan air yang sangat jernih, sehingga pengunjung dapat melihat ke dalam danau tersebut dari permukaannya. Di antara danau-danau ini, danau ketiga dengan kedalaman 98 meter dan memiliki air berwarna hijau zamrud dengan kedalaman 98 meter adalah yang paling menakjubkan.

Danau keempat di dalam gua ini, meskipun tidak termasuk dalam tujuan tur, adalah danau bawah tanah terdalam di Jepang dengan kedalaman mencapai 120 meter, dan adalah salah satu dari danau yang berair paling jernih di dunia. Di gua ini juga pengunjung dapat menyaksikan formasi unik stalagtit dan stalagmit, serta hewan langka seperti kelelawar-bertelinga-panjang. Di kompleks gua ini juga terdapat sebuah museum sains bernama Ryusenshindo Science Museum.

Gua Ryusenshindo adalah gua batu kapur sedalam 450 meter yang ditemukan pada tahun 1967, yang kemudian digunakan sebagai museum. Gua ini adalah museum sains dengan gua alami pertama di dunia, yang memamerkan perkakas tanah liat dan perkakas batu yang ditemukan di dalam gua, juga materi mengenai speleologi, geologi, biologi, dan arkeologi.

(Featured image: iwate-ryusendo.jp)
(Other images: morioka-hachimantai.jp)

Sources :
COMMENT