Share on

Demam Virtual Youtuber ternyata bisa dimanfaatkan sebagai media promosi lho. Buktinya, baru-baru ini Prefektur Iwate, Jepang, meluncurkan Virtual Youtuber resmi mereka yang diberi nama Sachiko Iwate. Pada hari valentine lalu, Sachiko Iwate mengenalkan dirinya lewat akun resmi twitternya, @iwate_vtuber.

Prefektur Iwate Luncurkan Virtual Youtuber
Virtual Youtuber Sachiko Iwate (twitter: iwate_vtuber)

Setelah berkenalan dengan publik, Sachiko Iwate merilis video pertamanya pada Sabtu (15/2) lalu. Dalam video itu, Sachiko mengatakan dia akan menghadirkan berita dan berbagai promosi tentang Prefektur Iwate lewat channel youtube-nya. Nama Sachiko sendiri diambil dari kata Sachi, yang berarti kebahagiaan dan keberuntungan, mencerminkan tujuan utama proyek ini, yaitu menyebarkan kegembiraan dan semangat melalui nama Prefektur Iwate.

Prefektur Iwate Luncurkan Virtual Youtuber
Sachiko Iwate (twitter: @iwate_vtuber)

Suara Sachiko Iwate diisi oleh seiyuu asal Iwate, Mikoi Sasaki. Buat yang penasaran siapa sebenarnya Mikoi Sasaki, dia adalah salah satu anggota grup music Milky Holmes, berperan sebagai Hercule Barton.

Sachiko sendiri digambarkan sebagai gadis muda yang sopan dan ceria, memiliki ketertarikan terhdap bela diri (terutama naginata) dan sangat menyukai drama sejarah. Untuk desainnya, Sachiko memiliki rambut berwarna biru, melambangkan bendera Prefektur Iwate. Dia juga memakai hiasan rambut berbentuk lonceng angin Nambu Tekki.

Menggunakan budaya populer sebagai media promosi bukan hal aneh lagi bagi Prefektur Iwate. Sebelumnya, Prefektur Iwate pernah menunjukkan maskot Pokemon mereka, Gedodude. Gedodude merupakan maskot Pokemon batu buatan Prefektur Iwate.

Ingin berkenalan lebih lanjut dengan Virtual Youtuber Iwate ini? Kamu bisa follow Sachiko Iwate di twitter, youtube dan instagramnya.