Berita Jepang | Japanesestation.com

Salah satu hal yang menarik dalam mencari kegiatan saat berwisata adalah tempat atau fasilitas bertema zaman dahulu atau bergaya kuno. Jika membuat nuansa yang pas, turis yang datang akan merasakan nostalgia atau seperti berada di masa berbeda. Hal itu dimanfaatkan di Morioka untuk memberikan fasilitas bus retro secara gratis untuk menarik perhatian.

Sejak 14 November lalu, Northern Iwate Transportation Inc menyediakan bus retro bonnet secara gratis. Bus ini beroperasi mengelilingi kota Morioka dan akan berhenti di tempat-tempat wisata yang menarik seperti daerah Konyamachi dan Kuil Morioka Hachimangu. Bus ini bisa dinaiki turis setiap akhir minggu dan hari libur dari dari tanggal 14 hingga 29 November, dengan total 7 hari.

Bus beroperasi dari jam 11 siang hingga jam 3.25 sore, dengan titik mula dan akhir rute adalah Stasiun Morioka dan Kuil Morioka Hachimangu. Bus bonnet ini memiliki 5 jadwal keberangkatan dengan 2 rute berbeda, yaitu rute keberangkatan dari Stasiun Morioka dan rute keberangkatan Kuil Morioka Hachimangu.

Kuil Hachimangu
Kuil Morioka Hachimangu (Sumber: Gaijinpot Travel)

Pengadaan bus retro secara gratis ini direncanakan oleh kelompok pengembangan kota yang terdiri dari masyarakat di distrik-distrik kota Morioka. Dilansir dari Mainichi Japan, Kimio Oishi, selaku ketua kelompok, mengharapkan turis yang menaiki bus ini bisa merasakan kembali ke zaman Showa dengan kencangnya bunyi bus yang sudah jarang didengar di bus-bus zaman sekarang. Selain itu, para turis diharapkan akan lebih tertarik berkeliling kota dan mengunjungi tempat-tempat lainnya meskipun sudah tidak menaiki bus retro.

Morioka adalah kota yang terletak di Prefektur Iwate. Mengarah ke utara dari Tokyo, kota ini terkenal akan kulinernya, terutama jenis mi yang bermacam-macam. Meskipun kota ini memiliki tempat wisata yang sedikit, ada beberapa tempat yang bisa menjadi pilihan untuk didatangi, seperti Taman Iwate, Ishiwarizakura, dan Kuil Morioka Hachimangu.