Share on

Berwisata ke Jepang memang jadi impian banyak orang. Namun, sebelum memutuskan untuk pergi, ada yang perlu diingat nih, tidak semua orang Jepang mengerti bahasa Inggris. Tapi jangan khawatir, ada 6 kalimat penting bahasa Jepang sederhana yang bisa kamu gunakan saat liburan. Misalnya saat ingin memotret, terkait transportasi, atau menanyakan lokasi ATM. Nah, simak penjelasannya ya!

Kalimat di Restoran:  “Tennai de omeshiagari ni narimasu ka?”

Kalimat bahasa Jepang liburan japanesestation.com
Pesanan dari cafe (wow-j.com)

Jika berkunjung ke restoran atau café di Jepang, pasti kamu akan mendengar kalimat "tennai de omeshiagari ni narimasu ka?" dan "omochikaeri ni narimasu ka?" dari kasir. Nah, jika ingin dine-in, jawablah dengan "tennai de," atau “mochikaeri de,” jika ingin membawanya pulang  (take-out).  

Ketika Meminta Orang untuk Memotretmu, Katakan: "shashin wo totte kudasai"

Kalimat bahasa Jepang liburan japanesestation.com
Kalimat bahasa Jepang saat ingin meminta orang lain untuk membantu memotret (wow-j.com)

Terkadang selfie saja gak cukup kan saat berwisata? Nah, jika kamu ingin meminta orang Jepang untuk memotretmu, katakan, "shashin wo totte kudasai"  atau "shashin wo tottemo ii desu ka?" Jangan lupa ya mengucapkan terima kasih dengan, mengatakan "arigatou gozaimashita!"

Kalimat yang Digunakan di Konbini: "atatamete kudasai"

Kalimat bahasa Jepang liburan japanesestation.com
Meminta bento konbini dihangatkan (wow-j.com)

Ingin mencoba  membeli bento konbini? Nah, biasanya nih, kasir konbini akan menanyakan apakah kamu ingin bentomu hangat atau tidak dengan kalimat, "atatamemasu ka?" yang bisa kamu jawab dengan "atatamete kudasai". Bentomu akan disajikan dengan hangat!

Ketika Ingin Mencoba Pakaian, Katakan: "shichaku shitemo ii desu ka?"

Kalimat bahasa Jepang liburan japanesestation.com
Mencoba pakaian (wow-j.com)

Pakaian ala anak muda Jepang memang keren, tapi sebelum membeli, pasti harus mencobanya dulu kan biar ukurannya pas? Nah, berbeda dengan di Indonesia, di Jepang kamu harus meminta izin staf untuk menggunakan fitting room, jadi, katakan saja, “shichaku shitemo ii desu ka?" setelah menemukan item yang kamu suka ya!

Takut Ketinggalan Kereta Terakhir? Katakan: "shuuden wa nanji desu ka?"

Kalimat bahasa Jepang liburan japanesestation.com
Kereta terakhir (wow-j.com)

Saking senangnya, terkadang kita sampai lupa waktu saat berjalan-jalan di Jepang dan jadi takut ketinggalan kereta terakhir. Untuk mencegahnya, tanyakan saja jadwal kereta terakhir pada staf di stasiun, dengan kalimat, “shuuden wa nanji desu ka?". Jangan lupa ya!

Jika Uangmu Habis, Katakan, "kaado wa tsukaemasu ka?" dan "ATM wa doko desu ka?"

Kalimat bahasa Jepang liburan japanesestation.com
ATM (wow-j.com)

Saat berkeliling dan menemukan souvenir menarik, kadang kita lupa diri dan mendadak kehabisan uang tunai! Nah, di saat begini, kamu bisa mengatakan, "kaado tsukaemasu ka?" untuk bertanya apakah tempat itu menerima pembayaran dengan kartu kredit.  Jika mereka menjawab “iie/tidak”, harus cari ATM nih. Katakan saja, "ATM wa doko desu ka?" untuk menanyakan letak ATM terdekat.  Tapi hati-hati ya jika berkunjung ke kota kecil, lebih baik sediakan uang tunai yang banyak!

Sederhana dan mudah diingat kan? Jangan lupa hapalkan 6 kalimat penting dalam bahasa Jepang ini ya saat liburan nanti!