Share on

Untuk banguanan rumah pada umumnya tentu memiliki salah satu ruangan khusus untuk menyimpan barang-barang yang telah usang ataupun sekedar untuk menyimpan barang dalam waktu sementara. Biasanya ruangan tersebut disebut sebagai gudang.

Nah salah satu ruangan yang sering mendapatkan cerita-cerita aneh yang berkaitan dengan hal mistis ini memang jadi hal yang cukup menakutkan untuk disimak, suasana yang mencekam dan kotor konon menjadi salah satu hal yang disukai oleh hantu.

Berbicara tentang hantu dan gudang, di Jepang terdapat urban legend yang terkenal mengenai hantu nenek-nenek yang hidup di gudang rumah.

Sering Mendegar Suara Aneh di Gudang? Coba Periksa Siapa Tahu itu Ulah Nando Baba!
(penampakan nando baba di gudang, sumber: Yokai.com)

Nando Baba, sebutan bagi Yokai yang senang tinggal di gudang-gudang rumah. Sosok wanita tua yang jelek dan pendek ini ceritanya terenaldi wilayah Jepang bagian Barat. Yokai ini juga memiliki penampilan buruk lainnya seperti kepala yang botak dan pakaian yang compang-camping. Ia senang dengan tempat yang kotor dan gelap, hal tersebut cocok untuk sifatnya yang memang pemalu dan sering gelisah.

Sebenarnya, hantu nenek tua tidaklah jahat malah mereka menghindari kehadiran manusia di temat favoritnya tersebut. Jika ada suara pintu dibuka mereka akan langsung berlari untuk bersembunyi di tempat yang lebih gelap tanpa ada cahaya. Mereka akan merasa terkejut saat melihat manusia, bahkan bisa saja yokai ini berteriak saat berpapasan. Jika kalian beruntung bertemu dengan yokai berupa nenek tua ini dan memukulnya kalian akan mendapatkan Nando Baba jadi kebingungan.

Di beberapa wilayah lainnya, Nando Baba dipercaya suka mencuri bayi yang baru lahir karena mirip dengan yokai lainnya yang memiliki sifat seperti itu bernama Yamauba. Namun ternyata Yokai ini tidak begitu menakutkan untuk manusia.

Untuk segi kepercayaan, Nando Baba diyakini sebagai penunggu atau penjaga rumah, sejenis dewa rumah yang mendiami gudang. Karena menurut kepercayaan, ada banyak dewa-dewa yang menunggu di setiap bagian-bagian ruah yang ditinggali.

Nah, dari cerita diatas kalian sudah memeriksa ruangan gudang di rumah? Apa disana terdapat Nando Baba atau tidak?