Share on

Melihat berita tentang wabah virus COVID-19 atau Corona Virus lama kelamaan bisa membuat jenuh dan ngeri diri sendiri. Karena itu, banyak orang berupaya meredam sedikit kekhawatiran mereka dengan melakukan hal menyenangkan, seperti wisuda lewat Minecraft atau bernyanyi ketika mencuci tangan selama 20 detik. Nah, baru-baru ini ada tren baru dan unik di Jepang untuk menghalau kekhawatiran tentang corona virus lho, yaitu membuat salah satu yokai Jepang “menghantui” twitter.

Advertise With Us

Yokai sendiri merupakan spirit supernatural, iblis, atau monster yang konon sudah ada dari sejak Zaman Edo  1603-1868). Para yokai ini dikenal memiliki kekuatan supernatural yang berbeda-beda. Nah, dari sekian banyak jenis yokai di Jepang, ada yokai yang memiliki kekuatan supernatural yang sangat cocok dengan keadaan dunia sekarang, yaitu Amabie, yokai yang bisa mencegah penyebaran wabah.

Menurut sebuah tile block print yang ditemukan pada tahun 1846, Amabie dikabarkan pertama kali menampakkan diri di laut sekitar area Prefektur Kumamoto. Sosok Amabie juga digambarkan dalam tile tersebut, Amabie digambarkan memiliki rambut panjang mencapai tanah, badan yang dilapisi sisik seperti putri duyung, tiga kaki, dan sebuah paruh. Dalam tile itu, diceritakan bahwa Amabie menampakkan diri pada bulan April di tahun yang sama, ketika seorang pejabat pemerintah pergi untuk memeriksa suatu benda bercahaya yang ada di tengah laut. Setelah berhasil menuju tempat tersebut, Amabie menampakkan diri dan berkata kepada pejabat itu bahwa hasil panen di daerah tersebut akan bagus selama 6 tahun ke depan.

Setelah itu, Amabie berkata, “Jika suatu saat ada wabah menyebar, gambarlah aku, dan perlihatkan ke semua orang.”

Cegah Corona Virus, Yokai ini
Amabie (twitter: @shirasagiso)

Kini, ketika corona virus menyebar sehingga menjadi wabah, kata-kata Amabie tersebut kembali in. Para seniman berlomba-lomba membuat gambar Amabie dan “memperlihatkannya pada semua orang” dengan mengunggahnya di media sosial Twitter.  Misalnya gambar-gambar di bawah ini

Cegah Corona Virus, Yokai ini
Gambar Amabie (twitter: @ktanaka18815213)
Cegah Corona Virus, Yokai ini
Amabie (twitter: satakeshunsuke)

Bahkan, ada yang menggabungkan Amabie dengan karakter dari game Touken Ranbu:

Cegah Corona Virus, Yokai ini
Amabie x karakter Touken Ranbu (twitter: @sou_tl)

Ada juga yang membuat gambar Amabie dengan rasa “yokai banget”;

Atau membuat Amabie rasa Avengers;

Cegah Corona Virus, Yokai ini
Amabie Avengers (twitter: @kumanuk)
 

Malah, ada juga orang yang “memanggil” Amabie dengan menggabungkan gambarnya dengan alat kesehatan, seperti masker.

Ada juga yang sedikit menyindir dengan menggambarkan Amabie versi panic buying membeli tisu toilet.

Cegah Corona Virus, Yokai ini
Amabie versi panic buying (twitter: @kimi_to_daskis)

Dalam legenda, Amabie dikatakan datang dari air. Nah, ada hubungannya lho antara asal Amabie, pesan,  dan pentingnya mencuci tangan dengan air. Jadi, gambarlah Amabie mencuci tangan.

Cegah Corona Virus, Yokai ini
Mencuci tangan bersama Amabie (twitter: konatsu_tonacan)

Jadi, jika kamu mulai lelah dengan berita tentang corona virus, mengapa tidak mencoba menggambar Amabie untuk menghilangkan sedikiit kekhawatiranmu? Jangan lupa perlihatkan ke semua orang gambar yokai anti corona virus ini dengan mengunggahnya ke twitter dengan hashtag #アマビエ (#Amabie) ya!