Share on

Kitsune atau rubah merupakan salah satu hewan yang kerap kali muncul dalam banyak mitologi Jepang, dan sosoknya digambarkan sebagai makhluk cerdas, di mana semakin tua usia dari kitsune tersebut maka kemapuan sihirnya pun akan semakin kuat. Kyuubi no Kitsune adalah yang paling terkenal, ia dikenal sebagai rubah tertua yang dikabarkan memiliki sembilan ekor dengan bulu berwana putih serta keemasan.

Kitsune juga memiliki kemampuan untuk merasuki raga manusia, kisah kerasukan makhluk siluman ini banyak diceritakan dalam kisah-kisahlegenda masyarakat negeri sakura atau yang juga disebut juga sebagai Kitsune Tsuki. Seseorang yang tubuhnya dimiliki oleh roh rubah sering mempemperlihatkan ciri fisik yang tampak layaknya makhluk tersebut, seperti bentuk gigi yang lebih tajam atau wajah ramping serta runcing.

Ada tiga jenis kepemilikan kitsune, yaitu, dimiliki seseorang atau kitsune tsuki, milik keluarga, dan kitsune yang digunakan sebagai media. Ketika kitsune dimiliki oleh seorang individu, sering kali kitsune membunuh salah satu anggota keluarga tuannya sebagai pembalasan. Semangat yang dimiliki oleh kitsune juga akan menyebabkan sang tuan bersikap tidak terkontrol dan emosional, hingga membuat mereka rentan terhadap luapan emosi yang tak terkendali.

Orang-orang yang raganya dimiliki oleh kitsune kadang-kadang berjalan telanjang di jalanan, disertai dengan mulut berbusa, dan mendengking layaknya seperti rubah. Kitsune bisa berbicara melalui mulut tuan mereka, korban juga terkadang dapat berbicara dan membaca bahasa yang sebelumnya tidak mereka ketahui. Kitsune Tsuki bahkan bisa mengendalikan tuan mereka sendiri seperti boneka, dan membuat mereka melakukan segala macam hal jahat.

Menurut cerita rakyat setempat, wanita lebih rentan terhadap kepemilikan roh siluman rubah dibanding dengan pria. Kitsune juga dikatakan bisa merasuki tubuh orang-orang yang memiliki pikiran lemah. Meski begitu, hingga saat ini kitsune masih menjadi salah satu legenda yang sangat populer di Jepang, ia kerap muncul dalam cerita manga, salah satunya adalah manga dan serial anime populer, Naruto.

Apa itu kitsune milik keluarga atau yang dikenal dengan sebutan kitsune mochi, dan kitsune yang digunakan sebagai media perantara? Nantikan di artikel Japanese Station selanjutnya.

(Featured Image : mythology.wikia.com)