Share on

Ryokan merupakan penginapan tradisional yang tersebar di seluruh Jepang di mana kalian akan dapat merasakan atmosfir Jepang yang sesungguhnya. Jika kalian berencana liburan ke Jepang, maka wajib untuk menginap di ryokan. Tapi bagaimana kalau penginapan itu menyeramkan? Ternyata, beberapa ryokan di Jepang tidak hanya cukup nyaman untuk manusia, tapi juga hantu lho. Berikut ini adalah beberapa ryokan menyeramkan di Jepang dilansir dari allabout-japan.com.

Advertise With Us

Hototogizu Ryokan (Hannan City, Osaka)
Inilah 3 Ryokan Menyeramkan di Jepang, Berani Menginap?
image: manuke.jp

Ryokan yang bernama resmi Yamanakadani Onsen Hototogizu ini memiliki empat bangunan yang kini telah ditutup karena dikhawatirkan runtuh. Ryokan yang terletak di daerah sekitar Yamanakadani Station ini dianggap angker karena ada rumor bahwa di sekitarnya ada seorang wanita dengan gaun putih yang terlihat berkeliaran dan di dalamnya pernah ada seorang tunawisma yang ditemukan tak bernyawa.

Ichiryu Ryokan Inn (Kaizuka City, Osaka)
Inilah 3 Ryokan Menyeramkan di Jepang, Berani Menginap?
image: matome.naver.jp

Selama 30 tahun terakhir ryokan ini telah menjadi reruntuhan namun tidak ada yang tahu mengapa bangunannya belum dibongkar. Menurut rumor, sang pemiliknya bunuh diri dengan menelan racun. Sejak itu hantunya telah bergentayangan dan kadang-kadang terlihat di jendela pada lantai dua bangunannya atau terdengar menangis di koridornya.

Ryokufuso (Ninohe City, Iwate)
Inilah 3 Ryokan Menyeramkan di Jepang, Berani Menginap?
image: asahi.com

Karena hantu zashiki warashi (semacam yokai) yang berwujud anak-anak (warashi) baik hati yang menghuni kamar-kamarnya, Ryokufuso mungkin menjadi ryokan berhantu paling terkenal di Jepang. Hantu ini dikatakan membawa keberuntungan ke rumah dan pada siapa pun yang melihatnya, tidak seperti yokai nakal lainnya.

Salah satu zashiki di ryokan ini adalah anak tertua dari Fujiwara no Fujifusa (c.1295 - 1380) bernama Kamemaro, yang tinggal di kamar yang disebut "Enju no Ma". Sekitar 650 tahun yang lalu, ia meninggal karena sakit pada usia enam tahun dan berjanji untuk melindungi keluarganya selamanya. Ia akan muncul pada malam hari dalam bentuk seorang anak muda dengan potongan rambut bergaya bob dan mengenakan kimono. Ia lalu akan berbaring di perut tamu yang dihampirinya, atau menghasilkan suara seperti kicauan burung dan drum yang ditabuh-tabuh.

Inilah 3 Ryokan Menyeramkan di Jepang, Berani Menginap?
image: mery.jp

Sayangnya ryokan tersebut dilalap api pada tahun 2009 yang mengubahnya menjadi abu dan hanya menyisakan kuil yang didedikasikan untuk Kamemaro di halaman belakangnya. Ryokan tersebut dibuka kembali pada Mei 2016 dan pemilik barunya berharap zashiki warashi itu segera kembali membawa kebajikan.