Share on

Bagi para pecinta manga, tentunya nama Weekly Shonen Jump sudah tidak asing kan? Nah, kali ini ada kabar menyedihkan dari majalah mingguan tersebut, ada kemungkinan kalau COVID-19 akan memperlambat rilisnya chapter-chapter baru di majalah tersebut.

Weekly Shonen Jump yang dikenal sebagai majalah manga mingguan yang menerbitkan berbagai seri manga terkenal One Piece, Demon Slayer: Kimetsu no Yaiba, THE PROMISED NEVERLAND, Black Clover, dan masih banyak lagi, baru saja merilis sebuah pernyataan yang dikeluarkan oleh departemen editorialnya pada Senin (11/5). Mereka mengumumkan kalau kemungkinan coronavirus (COVID-19) dapat berdampak pada rilisnya chapter baru.

Statement dari situs resmi mereka berbunyi:

Terima kasih telah membaca Shonen Jump.

Untuk mencegah penyebaran virus corona, kini Weekly Shonen Jump meminta agar para mangaka untuk bekerja dengan cara yang dapat memperkecil kemungkinan infeksi.

Karena itu, menyelesaikan chapter-chapter baru manga akan memakan waktu lebih banyak. Jadi tertundanya perilisan chapter baru mungkin tak dapat dihindari.  

Sebelumnya, Eiichiro Oda, mangaka dari One Piece, mengumumkan pada fansnya lewat pernyataan berbeda pada 6 Mei lalu. Ia mengatakan bahwa ia membatasi stafnya dan pembuatan chapter baru akan melambat.

Shonen Jump juga terpaksa membatalkan event Jump Victory Carnival 2020 yang akan digelar di Osaka pada 19 Juli dan 21 Agustus di Tokyo (area Makuhari) untuk mencegah meluasnya penyebaran pandemi COVID-19.  Dalam situs resminya, disebutkan bahwa informasi mengenai event tersebut akan dirilis melalui Weekly Shonen Jump edisi mendatang. Namun, karena event tersebut dibatalkan, informasi itu kini tidak lagi relevan.

Para editor dan semua staf kantor Shueisha (induk perusahaan dari Shonen Jump) memang telah melakukan work from home sejak 6 April lalu guna membatasi kontak antara para mangaka dan editor.

Meskipun kabar ini membuat kita sedih, tetap bersabar ya! Para staff dan mangaka sudah berusaha sebaik mungkin agar manga-manga favoritmu tetap bisa rilis sesuai waktunya. Jangan lupa tetap mendoakan dan mendukung mereka!