SHARE THIS ARTICLE

SakabatoReal

Dalam manga dan anime Rurouni Kenshin, terdapat pedang dengan mata pisau terbalik yang disebut Sakabato. Sebuah pedang kuno versi nyata dari pedang fiksi ini rupanya telah ditemukan di Jepang.

Oktober yang lalu, pedang yang sedang dibandingkan dengan Sakabato sesungguhnya muncul dalam sebuah gudang penyimpanan lama milik sebuah keluarga, yang terletak di Shiroi City, Prefektur Chiba, yang berasal dari Periode Edo (1603-1868).

Asahi News melaporkan bahwa keseluruhan dari senjata ini, yang disebut “kogatana” atau “katana pendek,” telah ditutupi karat dan berukuran 11 inci, dengan mata pisaunya berukuran 8,6 inci. Pedang bermata pisau terbalik ini, yang juga ditutupi dengan ukiran naga, berbeda dari pedang tradisional Jepang.

Untuk pedang Jepang, bagian luar mata pisaunya dipertajam. Tapi, seperti yang pengecer pedang ini jelaskan, yang membedakan Sakabato fiksi adalah bahwa bagian dalam pisaunya yang tajam dan bagian luar pisaunya tumpul. Rupanya, hal ini membuat pedang tersebut menjadi brutal dan mematikan.

Berikut adalah foto dari penemuannya:

SakabatoReal (1)

Sebelumnya, ada tanto (belati) bermata pisau terbalik yang langka disebut “Kubikiri” atau “pemotong kepala. Namun, belati itu tidak memiliki ujung lancip – tidak seperti penemuan terbaru ini. Kalian dapat melihat fotonya di sini.

Laporan Asahi News tampaknya menunjukkan bahwa pedang pendek yang baru ditemukan berbeda dan bahkan dibandingkan dengan pedang pendek fiksi dalam Rurouni Kenshin.

Meskipun ada Sakabato kontemporer untuk para kolektor, tidak ada catatan bahwa pedang tersebut benar-benar muncul dalam sejarah Jepang. Hingga saat ini, tampaknya tidak ada catatan mengenai pedang yang sama. Dengan demikian, pedang tersebut membuat penemuan ini menjadi lebih menarik.

Pedang bermata pisau terbalik itu telah disumbangkan untuk arsip budaya prefektur setempat.

Source : kotaku.com
COMMENT