SHARE THIS ARTICLE

Selain hantu Kaisar Sutoku dan Kitsune ekor sembilan, ada 1 yokai lagi yang terkenal di Jepang yaitu Shuten Doji. Shouten Doji yang berarti pemabuk kecil, bersama 3 yokai lainnya mendapat julukan youkai terkuat di Jepang.

Dari cerita yang beredar, Shuten Doji bukan berasal dari oni atau setan, melaikan seorang manusia yang berubah menjadi oni. Kisahnya berawal ketika seorang anak kecil lahir di sebuah daerah yang kini bernama Shiga atau Toyama, ia terlahir dari seorang ibu manusia dan ayah yang seekor Yamata no Orochu.

Anak itu lahir dengan kekuatan gaib dan memiliki kecerdasan di atas rata-rata anak seusianya. Hal inilah yang membuat dia dibenci oleh penduduk sekitar yang menganggapnya sebagai anak yokai. Saat usia 6 tahun, bocah itu dibuang oleh ibunya sendiri, hingga ia memutuskan untuk menjadi petapa dan menghabiskan waktunya dengan di gunung Hiei, Kyoto. Masalah mulai timbul saat ia beranjak dewasa, karena merasa memiliki kemampuan di atas biksu lainnya membuat ia sering bolos, gemar bertarung dan minum alkohol.

Di suatu malam, saat kuil mengadakan festival rakyat, dia menggunakan topeng oni dalam keadaan mabuk sembari menakut-nakuti penduduk yang datang ke festival. Tak berapa lama ia terkejut karena topeng yang dikenakannya tidak bisa dilepas, sampai akhirnya ia pun memutuskan untuk lari ke hutan dan berjanji tidak akan berinteraksi lagi dengan manusia.

Sources :
COMMENT