Seminar Pemasaran Game Mengungkapkan Wanita Lebih Memilih Nintendo Switch Dibanding PS4

1 min


Pada tanggal 26 Juni lalu, Japan Online Game Association (JOGA) menyelenggarakan sebuah Seminar Pemasaran Game Online di Tokyo bersama dengan CEO Gameage Research Institute Seiichi Mitsui dan ahli strategi Hiroya Hori. Data dalam seminar ini berasal dari investigasi Gameage sendiri yang dilakukan pada Mei 2018. Menurut temuan mereka, Jepang memiliki sekitar 34,23 juta gamer berusia antara 10 hingga 50 tahun. Namun, sebagian besar gamer aktif bermain di perangkat seluler seperti ponsel dan tablet (29,58 juta orang) dibanding menggunakan perangkat game stasioner seperti konsol dan perangkat portabel Nintendo 3DS (10,28 juta), dengan rasio perbandingan sekitar 1:3. Untuk data ini, “pengguna aktif” didefinisikan sebagai seseorang yang telah bermain game setidaknya satu kali pada bulan Mei 2018.


Ada sekitar 16,28 juta konsol yang dimiliki di Jepang, 28,65 juta perangkat pintar, dan 5,84 juta PC. Sekitar 3 juta orang memiliki ketiganya dan dianggap sebagai “pengguna berat”.

Seminar Pemasaran Game Mengungkapkan Wanita Lebih Memilih Nintendo Switch Dibanding PS4
Gambar oleh Anime News Network

Dalam seminar ini juga dipaparkan data untuk penggunaan konsol individu. Informasi demografis menunjukkan bahwa meskipun pria dan anak laki-laki mendominasi kepemilikan game konsol di Jepang, para wanita dan anak perempuan cenderung memiliki Nintendo Switch daripada PlayStation 4. Data JOGA menunjukkan ada sekitar 2,47 juta pemain ‘Switch’ aktif pada Mei 2018 dengan rasio perbandingan antara pria dan wanita 74.7:25.3 dan mayoritas pemain berusia antara 10-14 tahun.


Jepang memiliki sekitar 3,94 juta pengguna PlayStation 4 dan 88,2% berjenis kelamin laki-laki dan 11,8% perempuan. Data pengguna Nintendo 3DS menunjukkan 3,49 juta adalah pengguna aktif dengan demografi yang paling merata dari tiga konsol. Sekitar 69,3% adalah laki-laki dan 30,7% adalah perempuan.

Perbandingan jenis kelamin pemain Game seluler menunjukkan jumlah hampir sama di antara kedua jenis kelamin. Dari 15,27 juta pemain aktif pada perangkat seluler iPhone, 52,9% adalah pria dan 47,1% adalah wanita. Pengguna perangkat Android hampir seimbang dengan 10,54 juta pemain, dan rasio pria dan wanita adalah 57,0% : 43,0%. Game seluler iPhone dikuasai oleh anak muda dan memiliki lebih sedikit pemain remaja dan setengah baya dibandingkan dengan konsol, sementara pemain Android kebanyakan berusia 40-an.

Game PC memiliki persentase pemain wanita terkecil terkecil. Sekitar 4,41 juta orang bermain game di komputer mereka, 74,2% adalah pria. Mayoritas pemain pria yang menggunakan komputer berada di usia 20-an.

Gameage menganalisis informasi dari 50.000 orang, termasuk pemain dari game tertentu. Data menunjukkan bahwa pemain Monster Strike kebanyakan pria dan usia rata-rata pemain adalah 41,7 tahun. Demografi serupa juga tampak pada game Final Fantasy Record Keeper, dan Dragon Ball Z: Dokkan Battle. [email protected] Cinderella Girls: Starlight Stage menunjukkan rasio perbandingan 78,5:21,5 untuk pemain pria dan wanita dengan usia rata-rata adalah 36,7 tahun.

Source : Anime News Network


What's Your Reaction?

LOL LOL
12
LOL
Sugoi! Sugoi!
29
Sugoi!
Honto Ni? Honto Ni?
52
Honto Ni?
Kanashii Ne Kanashii Ne
63
Kanashii Ne
Nani Kore?! Nani Kore?!
76
Nani Kore?!
Daisuki! Daisuki!
90
Daisuki!
Kowai Kowai
101
Kowai
Kawaii~ Kawaii~
38
Kawaii~
radishafira

Choose A Format
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes