Berita Jepang | Japanesestation.com

Gamer Jepang dibuat bingung dengan kehadiran karakter Yasuke pada trailer game Assassin's Creed Shadows yang baru saja dirilis pada 16 Mei. Trailer baru yang berlatar belakang Jepang pada masa feodal ini menyertakan karakter Yasuke sebagai salah satu protagonis.

Yasuke adalah tokoh sejarah nyata yang hidup di Jepang pada abad ke-16 dan Ia diyakini sebagai orang Afrika pertama yang muncul dalam catatan sejarah Jepang. Kisahnya juga telah diadaptasi ke dalam buku, manga, dan bahkan anime Netflix dengan sejarah alternatif yang dibintangi oleh aktor Sorry To Bother You dan Knives Out, LaKeith Stanfield. Versi fiksi dari Yasuke juga telah muncul di video game seperti Nioh dan franchise Samurai Warriors.

Para gamer telah menantikan seri Assassin's Creed yang berlatar di Jepang selama bertahun-tahun. Jepang selalu menjadi tempat yang sempurna untuk seri game yang mengambil konsep pembunuhan diam-diam ditambah lagi dengan sejarah yang menarik. Meskipun game ini merupakan game fiksi, Yasuke sendiri memiliki sejarah yang sangat sedikit karena kurangnya informasi sejarah mengenai dirinya.

Akun X Mangalawyer memberikan gambar yang berisikan ketidakpuasan netizen jepang terhadap sang  protagions dan penggambaran Jepang dalam game tersebut.

Netizen Jepang banyak yang berkomentar mengenai game ini karena dianggap sebagai sebuah penghinaan terhadap sejarah mereka. Banyak dari mereka bertanya-tanya mengenai alasan dijadikannya Yasuke sebagai karakter utama dan bukan tokoh lain yang lebih cocok sebagai seorang Assassin ataupun Samurai.

Dilansir melalui Times, pemasaran Ubisoft yang menggambarkan Yasuke sebagai seorang samurai tidak jelas mengenai sisi holistik label samurai tersebut dalam fiksi historis Assassin's Creed Shadows. Meskipun versi Yasuke yang terlihat di Shadows jelas mengenakan baju besi dan menggunakan pedang Jepang yang biasanya diasosiasikan dengan samurai, julukan samurai mencakup pekerjaan dan kasta sosial yang menjadi lebih terkodifikasi pasca tahun 1600-an.

Menurut Thomas Lockley, penulis buku African Samurai: The True Story of Yasuke, a Legendary Black Warrior in Feudal Japan, konsep samurai berubah-ubah pada masa Yasuke, bahkan jika anda mengangkat senjata untuk melayani seorang penguasa, anda dapat menggunakan nama tersebut. Jadi saat ini, kita tidak tahu seberapa besar Ubisoft bermain-main dengan sejarah dengan status samurai Yasuke.