Berita Jepang | Japanesestation.com

Pameran gim terbesar di dunia, Tokyo Game Show 2024 hari pertama telah selesai. Acara yang digelar di Makuhari Messe, Chiba ini tak hanya diikuti oleh para pengembang game besar seperti Nintendo, Sony, dan Sega, namun juga studio indie.

Sebagai bagian dari Tokyo Game Show, Japan Game Awards, yang pertama kali diselenggarakan pada tahun 2006, telah menjadi salah satu penghargaan game paling prestisius di Asia. Ajang penghargaan ini diadakan setiap tahun di Jepang untuk mengakui dan menghormati prestasi luar biasa dalam industri video game.

Berbagai kategori penghargaan, termasuk Game of the Year, Best Game Design, dan Most Innovative Game, dipilih melalui suara publik dan juri profesional dari industri game. Hal ini dilakukan untuk mengimbangi ulasan kritis dan respons pemain. Penasaran siapa saja para pemenang Japan Game Awards 2024 dari tiap kategorinya? Yuk baca sampai habis.

Jajaran Pemenang Japan Game Awards 2024

  • The Minister of Economy, Trade and Industry Award
Booth PlayStation yang ada di Tokyo Game Show tahun 2018 (Sergey Galyonkin/flickr via Japan Travel).
Booth PlayStation yang ada di Tokyo Game Show tahun 2018 (Sergey Galyonkin/flickr via Japan Travel).

Penghargaan Menteri Ekonomi, Perdagangan, dan Industri diberikan kepada PlayStation atas kepiawaiannya dalam sektor game dan kontribusi yang signifikan terhadap industri media Jepang.

  • Game Designers Award
Viewfinder key art (Thunderful Games)
Viewfinder key art (Thunderful Games)

Penghargaan Desainer Game diberikan kepada judul-judul yang menarik bagi berbagai macam pemain, dan Viewfinder membawa pulang piala tersebut. Viewfinder meruapakan game first-person adventure yang memukau di mana para pemain dapat membentuk kembali realitas dengan menghidupkan kembali foto, lukisan, dan sketsa, memecahkan teka-teki sambil menyingkap rahasia dunianya yang imersif.

  • Best Sales Award
The Legend of Zelda Tears of the Kingdom (Nintendo)
The Legend of Zelda Tears of the Kingdom (Nintendo)

Penghargaan game dengan penjualan tertinggi dimenangkan oleh The Legend of Zelda: Tears of the Kingdom. Hanya dalam waktu tiga hari setelah dirilis pada 12 Mei 2023, game ini telah melampaui 10 juta kopi yang terjual, memecahkan rekor sebelumnya yang dipegang oleh Super Smash Bros. Ultimate (12,08 juta kopi dalam 24 hari).

Sang produser, Eiji Aonuma Onoma mengunungkapkan rasa terima kasih kepada para penggemar game ini dengan menyatakan bahwa Legend of Zelda adalah game yang dibesarkan oleh para pemain dan mengingatkan para penggemar akan game yang baru saja dirilis, Legend of Zelda: Echoes of Wisdom.

  • Special Award
Street Fighter 6 (Capcom)
Street Fighter 6 (Capcom)

Special Award, yang memberikan penghargaan kepada video game dengan interface yang mudah digunakan oleh para penyandang disabilitas, diberikan kepada Street Fighter 6. Pencipta game ini menegaskan kembali komitmen mereka terhadap aksesibilitas universal.

Street Fighter 6 melanjutkan warisan salah satu waralaba game paling ikonik. Dikenal karena pertarungannya yang cepat, strategi yang mendalam, dan karakter yang mudah diingat, game ini tetap menjadi landasan dalam kancah game pertarungan kompetitif, menawarkan pertarungan satu lawan satu yang mendebarkan dengan bakat.

  • Breakthrough Award
Tokyo Game Show
The Exit 8 (Kotake Create)

Kotake Create dengan gamenya yang berjudul The Exit 8 adalah pemenang perdana dari Breakthrough Award. Penghargaan ini diberikan kepada game dengan ide yang sangat kreatif. Pengembang game ini mengakui bahwa mereka terkejut dan merasa terhormat bisa mendapatkan penghargaan seperti ini.

The Exit 8 adalah short walking simulator, yang terinspirasi dari lorong-lorong bawah tanah Jepang, ruang-ruang liminal, dan suasana menakutkan dari back room.

  • Movement Award
Suica Game (Alladin X)
Suica Game (Alladin X)

Game Suika dari Aladdin X mendapat kehormatan sebagai penerima pertama dari Movement Award. Penghargaan ini diberikan kepada game dengan mekanisme teka-teki yang inovatif. Para pengembang menyampaikan apresiasi yang tulus kepada para penggemar yang dukungannya melebihi ekspektasi mereka.

  • Awards for Excellence
Japan Game Awards 2024
Dragon's Dogama 2 (Capcom)

Award of Excellence memberikan penghargaan kepada sebelas game yang dirilis antara tanggal 1 April 2023 hingga 31 Maret 2024, yang ditentukan berdasarkan voting dari publik Jepang. Setelah melalui pertimbangan oleh komite seleksi, judul-judul game yang menjadi pemenang kemudian dipilih. Inilah 11 game yang berhasil yang berhasil mendapatkan voting tertinggi:

1. The Legend of Zelda: Tears of the Kingdom
2. Street Fighter 6
3. Final Fantasy XVI
4. Armored Core VI: Fires of Rubicon
5. Super Mario Bros Wonder
6. Like a Dragon Gaiden: The Man Who Erased His Name
7. Like a Dragon: Infinite Wealth
8. Persona 3 Reload
9. Final Fantasy VII Rebirth
10. Unicorn Overlord
11. Dragon’s Dogma 2

  • Game of the Year Grand Award
The Legend of Zelda Tears of the Kingdom Menangkan japan game awards 2024
Hidemaro Fujibayashi, game designer Nintendo (kiri) dan Eiji Aonuma, produser Legend of Zelda (kanan) memegang piala penghargaan Japan Game Award 2024 (Nintendo & CESA)

The Legend of Zelda: Tears of the Kingdom kembali meraih prestasi melalui penghargaan Game of the Year yang bergengsi di ajang Japan Game Awards 2024. Kemenangan ini terjadi setelah kesuksesan game ini di tahun sebelumnya, yang telah memenangkan Penghargaan Penjualan Terbaik karena menjadi game yang paling laris di Jepang pada tahun fiskal 2023.

Nah itulah dia jajaran para pemanang Japan Game Awards 2024. Buat kamu yang penasaran bagaimana keseruannya kamu bisa menonton tayangan ulangnya melalui video di bawah ini: