SHARE THIS ARTICLE

Pemerintah Jepang sedang mempertimbangkan untuk membuat sejarah Jepang menjadi mata pelajaran wajib di SMA di Jepang, seperti yang dikabarkan oleh The Yomiuri Shimbun.

japanhistoryhighschool

Sejarah Jepang saat ini menjadi mata pelajaran pilihan di SMA Jepang. Pemerintah Jepang bertujuan untuk memelihara sumber daya manusia dengan pengetahuan yang mendalam dan pemahaman tentang sejarah Jepang karena lebih banyak orang Jepang yang bekerja secara global di bidangnya masing-masing. Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Olahraga, Ilmu Pengetahuan dan Teknologi pada musim panas tahun ini akan mencari berbagai pendapat dari Dewan Pendidikan Pusat, tentang revisi pedoman kurikulum nasional agar berbagai SMA dapat melaksanakan rencana tersebut.

Sejarah Jepang bisa menjadi pelajaran wajib sejak dini mulai tahun ajaran 2019, melalui penyaringan berbagai buku teks dan prosedur lain yang diperlukan.

Di bawah revisi dari pedoman kurikulum tahun 1989, ilmu sosial dibagi menjadi geografi/sejarah dan kewarganegaraan.

Dalam geografi dan kategori sejarah, sejarah dunia dibuat menjadi wajib, sedangkan geografi dan sejarah Jepang menjadi mata pelajaran pilihan, hanya satu yang setiap pelajar diwajibkan untuk mengambilnya.

(image source: newschoolkaidan.com)

Source : newsonjapan.com
COMMENT