SHARE THIS ARTICLE

Miyazaki adalah sebuah prefektur yang berada di bagian selatan pulau Kyushu, Jepang. Salah satu makanan khas daerah tersebut adalah Chicken Nanban. Masakan ini akan dapat kalian temui di mana saja di dalam prefektur Miyazaki, termasuk di beberapa restoran waralaba. Di resep berikut ini, mari kita coba membuat masakan ini!

BAHAN-BAHAN

Daging ayam (paha atau dada) 4 potong

Telur 1-2 butir

Tepung terigu secukupnya

Bahan Saus Nanban

Shoyu 4 sdm

Gula 6 sdm

Cuka 5 sdm

Irisan cabai merah secukupnya

Saus tomat 1 sdm

Bahan Saus Tartar

Telur rebus 1-2 butir

Bawang bombay 1/butir (atau sesuai selera)

Mayones 4 sdm (atau sesuai selera)

Saus tomat 1 sdm (atau sesuai selera)

Garam secukupnya

Merica secukupnya

CARA MEMBUAT

  1. Potong-potong ayam menjadi potongan-potongan besar.
  2. Bumbui ayam dengan garam dan merica, kemudian lapisi dengan tepung. Celupkan ayam ke dalam telur yang sudah dikocok. Goreng hingga matang.
  3. Buat saus Nanban dengan memasak perlahan shoyu, cuka, dan gula, serta irisan cabai dan saus tomat di panci. Angkat setelah agak mengental.
  4. Rendam daging ayam dalam saus Nanban.
  5. Buat saus Tartar dengan mencincang halus telur rebus dan bawang bombay, kemudian campur dengan mayones, saus tomat, garam dan gula.
  6. Tuangkan saus Tartar ke atas daging ayam yang telah direndam dengan saus nanban. Sisa saus Nanban juga bisa dituangkan ke atas ayam tersebut. Sajikan.

Demikian resep Chicken Nanban, masakan khas Miyazaki kali ini. Saat memanaskan saus Nanban, kalian bisa juga tambahkan potongan kecil wortel, bawang bombay, atau jahe untuk menambahkan sensasi lain pada rasanya. Pada saus Tartar juga bisa ditambahkan potongan kecil acar mentimun, untuk membuat rasanya lebih segar. Selamat mencoba!

(All image: washoku.guide)

Source : washoku.guide
COMMENT