Share on

Apakah kamu ingin belajar sejarah sambil menikmati pemandangan indah pantai dan taman-taman cantik di bawah sinar matahari yang hangat? Jika iya, datang saja ke Kota Miyazaki di Prefektur Miyazaki!

Dilansir dari Japan Guide, Miyazaki (宮崎), merupakan ibu kota dari Prefektur Miyazaki yang terletak di tenggara Kyushu. Kota yang memiliki iklim terhangat di Jepang ini punya banyak resor, pantai, dan berbagai fasilitas olahraga, membuatnya menjadi salah satu lokasi bulan madu dan liburan bagi wisatawan lokal hingga akhir 1980-an. Sayangnya, setelah itu, turis yang datang ke pulau ini sempat merosot tajam dan kembali naik saat komedian populer Higashikokubaru Hideo menjabat sebagai gubernur Prefektur Miyazaki pada 2007 to 2011. Kepopulerannya sebagai seorang selebriti dan usahanya untuk membangkitkan kembali Miyazaki di mata wisatawan berhasil dan terbawa hingga kini! Nah, kira-kira ada apa saja sih di Kota Miyazaki?

Aoshima, Perpaduan Sempurna Antara Budaya dan Matahari Hangat!

sejarah jepang Miyazaki japanesestation.com
Pulau Aoshima di Miyazaki (japan-guide.com)

Miyazaki juga kerap dijuluki sebagai kota tempat lahirnya Jepang, jadi tentunya tak bisa lepas dari sesuatu yang berhubungan dengan budaya tradisional kan? Nah, salah satu jejak budaya di Miyazaki dapat kamu temukan di di sini, Kuil Aoshima!

Kuil Aoshima bisa dicapai dengan berjalan kaki sekitar 1,5 meter dari Pantai Aoshima. Di tengahnya, ada Kuil Aoshima yang konon dapat memberi keberuntungan bagi para pasangan yang telah menikah. Jadi, jangan aneh jika kamu melihat banyak pasangan di sini ya!

sejarah jepang Miyazaki japanesestation.com
Kuil Aoshima (japan-guide.com)

Nah, jika ingin kembali menikmati sinar matahari hangat sambil berselancar, bisa nih kembali ke Pantai Aoshima!

Heiwadai, Taman Perdamaian untuk Mengenang Korban Perang Dunia II

sejarah jepang Miyazaki japanesestation.com
Monumen Perdamaian di Taman Heiwadai, Miyazaki (japan-guide.com)

Jika pantai bukanlah area favoritmu, berkendaralah sekitar 10 menit menuju utara dari pusat kota, dan kamu akan menemukan sebuah taman cantik di mana kamu bisa bersantai sambil belajar sejarah. Taman Heiwadai.

Fitur utama dari taman ini adalah Monumen Hakko Ichiu (Monumen Perdamaian) setinggi 37 meter yang dibuat dari batu.

Nama "Hakko Ichiu" sendiri bisa diartikan sebagai “delapan sudut dunia di bawah satu atap” yang merupakan slogan yang digunakan saat monumen ini dibuat. Tak hanya itu, taman ini juga punya banyak replika tentara yang mengelilinginya. Replika yang terbuat tanah liat ini disebut Haniwa, dan diambil dari makam di Saitobaru Kofungun

sejarah jepang Miyazaki japanesestation.com
Taman bunga di Taman Heiwadai (japan.travel)

Selain belajar sejarah, kamu juga bisa piknik atau berbaring di rumput hijaunya lho. Gabungan taman bunga, danau yang cantik, dan hangatnya matahari bikin tempat ini sangat tenang dan cocok buat bersantai!

Kuil Miyazaki, Tempat  Sejarah dan Hal Spiritual Bersatu

sejarah jepang Miyazaki japanesestation.com
Kuil Miyazaki (japan-guide.com)

Kuil Miyazaki didedikasikan untuk Jimmu, Kaisar Pertama Jepang. Di kompleksnya, ada 3 kuil yang dilengkapi dengan terowongan cantik yang terbentuk dari puluhan gerbang torii berwarna merah. Kamu juga bisa belajar tentang alam dan sejarah Prefektur Miyazaki di Miyazaki Prefectural Museum yang masih terletak dalam kompleks kuil.

Nah, jka kamu datang saat bulan April, ada pertunjukan yabusame (memanah sambil menunggang kuda) lho di Kuil Miyazaki. Wajib ditonton!

Bagaimana? Asyik kan belajar sejarah di bawah sinar matahari hangat dan pemandangan yang bikin mata segar?

Sumber:

Japan Guide

Japan Endless Discovery