SHARE THIS ARTICLE

Pedang Milik Hijikata Toshizo Dipamerkan di Kyoto

Pedang milik Hijikata Toshizo (1835-1869), salah seorang anggota inti dari pasukan keamanan khusus yang disebut Shinsengumi saat ini sedang dipamerkan di Ryozen Museum of History, di Higashiyama Ward, Jepang. Shinsengumi sendiri adalah pasukan yang ditakuti pada masa Restorasi Meiji satu setengah abad yang lalu, yang dibentuk untuk melindungi Keshogunan Tokugawa selama abad pertengahan ke-19.

Sebelum dipamerkan secara permanen sejak tanggal 29 April lalu, pedang kebanggaan Hijikata Toshizo berukuran 68,7 sentimeter tersebut diperoleh oleh pihak museum dari seorang kolektor swasta di Tokyo. Dalam Pertempuran Toba-Fushimi pada tahun 1868 selama Perang Saudara Boshin antara pasukan pemerintah Meiji baru dan Keshogunan Tokugawa, Hijikata diyakini menggunakan pedang yang relatif pendek dan ramping ini sehingga praktis untuk pertempuran. Di bagian pegangannya, pedang milik Hijikata Toshizo itu memiliki ukiran yang tertulis “Yamato no Kami Minamoto no Hidekuni,” dan di sisi lainnya tertulis nama asli Hijikata, “Yoshitoyo.”

Sebelum menjadi milik Hijikata, pedang yang dibuat oleh seorang pandai besi bernama Hidekuni tersebut telah berpindah ke beberapa tangan. Hidekuni, yang bekerja pada Matsudaira Katamori, penguasa Aizu, menempa bilah pedang ini di Kyoto pada bulan Agustus 1866. Ketika tuannya ditugaskan untuk menjaga keamanan di Kyoto untuk Keshogunan Tokugawa, Hidekuni ikut serta bersama Katamori. Saat itu pedang tersebut dihadiahkan kepada Akizuki Taneaki, seorang samurai dari Aizu, yang pernah bertempur bersama Hijikata dalam pertempuran di Utsunomiya dan Aizu.

Ada lagi pedang bersejarah dari Jepang yang kalian ketahui?

Source : japanbullet.com
COMMENT