SHARE THIS ARTICLE

Bulan ini, pedang mata terbalik otentik yang pernah diverifikasi pertama kali di dunia dipajang di Museum Sejarah Lokal di Shiroi, Chiba, Jepang. Dijuluki Sakabatou dari senjata serupa yang ditampilkan dalam seri Rurouni Kenshin karya Nobuhiro Watsuki, pedang tersebut dianggap tidak lebih dari sebuah karya fiksi hingga muncul di Shiroi tahun lalu.

revers-blade-sword (2)Pedang tersebut, yang ditemukan pada Oktober 2013 oleh keluarga Kawakami di gudang arsip mereka, berasal dari akhir Periode Edo. Panjang totalnya adalah 28,2 cm, dengan bilah pisaunya sepanjang 22,6 cm. Keluarga Kawakami telah bertugas mengelola pemeliharaan kuda dan sapi milik shogun pada waktu itu, dan dengan demikian telah menjadi pemilik dari berbagai artefak dari zaman tersebut.

revers-blade-sword (3)Karena kelangkaan spesifikasi pedang itu, didasarkan dari ukuran dan posisi bilah pisaunya, belum pernah ada pedang seperti itu yang dimasukkan ke dalam registri resmi pedang Jepang. Meskipun demikian, sebuah panitia khusus akan mempelajari pedang pendek tersebut, mengumpulkan data tentang pedang itu dan mendiskusikan apakah pedang itu harus diberikan status Properti Budaya dari Prefektur Chiba atau tidak.

Untuk informasi lebih lanjut tentang pedang ini, kalian bisa membacanya di sini.

Sources :
COMMENT