Share on

Setelah Yoshihide Suga resmi terpilih menjadi perdana menteri Jepang untuk menggantikan Shinzo Abe pada Senin (14/9) lalu, kota kelahiran sang perdana meneri baru pun turut merayakan kesuksesannya. Berbagai usaha di kota tersebut, Yuzawa di Prefektur Akita, bahkan mengeluarkan item-item spesial dengan image Suga.

Advertise With Us

"Aku ingin menampilkan kampung halaman perdana menteri baru kita lewat merchandise,” ujar Ippei Fujita (36) yang memproduksi T-shirt dan tas kain yang menampilkan foto Fuita di tokonya di Yuzawa, Prefektur Akita.

yoshihide suga perdana menteri Jepang japanesestation.com
Teppei Fujita, produsen kaos dan tas bergambar wajah Yoshihide Suga (kyodonews.net)

Seiring dengan riuhnya penduduk kota yang tengah menikmati perhatian mendadak ini, Keita Fujita (41) dari pusat dukungan bisnis lokal kota Yuzawa mengungkapkan kalau produksi item-item tersebut dapat membantu menunjukkan pesona kota Yuzawa.

"Sangat penting bagi kami untuk tetap memperlihatkan pesona kota,” ujarnya.

Dan ternyata, keramaian pun bukan hanya terjadi di tengah kota Yuzawa, Di dekat rumah kelahiran Suga di sebuah distrik yang dikelilingi gunung di kota itu, teman masa kecil Suga, Hirofumi Fujiwara (74), mengaku terkejut karena banyak sekali pengunjung yang datang untuk melihat rumah kelahiran sang politikus. Pengunjung tersebut berasal dari banyak daerah, termasuk Tokyo dan Okinawa yang jaraknya cukup jauh dari Akita.

Fujiwara yang kini membuka sebuah kedai ramen pun mengatakan bahwa beberapa pengunjung datang ke kedainya dan membuat penjualannya ikut naik. Tak hanya itu, banyak sekali reporter (termasuk reporter asal Amerika Serikat dan Korea Selatan) yang mengunjunginya mulai akhir Agustus lalu untuk bertanya berbagai hal tentang Suga.

yoshihide suga perdana menteri Jepang japanesestation.com
Yuzawa, Prefektur Akita, tanah kelahiran Yoshihide Suga (kyodonews.net)

Perayaan pun tak sampai di situ, sebuah shopping street di kota Yuzawa juga ikut merayakan kesuksesan Suga dengan memajang sebuah banner berukuran panjang 6 meter dengan tulisan “99” yang melambangkan campaign diskon dengan menjual produk dengan harga serba 99 dan 990 yen karena Suga akan menjadi perdana menteri ke-99 Jepang.

yoshihide suga perdana menteri Jepang japanesestation.com
Seorang pengusaha memperlihatkan banner diskon serba 99 dan 990 yen dan botol sake bergambar d Yoshihide Suga (kyodonews.net)

Sementara itu, sebuah perusahaan makanan mulai menjual yogurt rasa strawberry dengan ilustrasi wajah Suga di kemasannya. Perusahan makanan ini memang menggunakan brand strawberry yang dikembangkan oleh Wasaburo, ayah Suga.

yoshihide suga perdana menteri Jepang japanesestation.com
Yoghurt strawberry dengan ilustrasi wajah Yoshihide Suga (kyodonews.net)

Di dunia politik sendiri, kini perhatian mereka pun berpusat pada susunan baru dari Kabinet Suga.

Masa jabatan Yoshihide Suga sebagai presiden LDP pun hanya terbatas pada sisa masa jabatan Abe saat ini, yaitu hingga September 2021 dan pemilu Majelis Rendah harus dilakukan sebelum 21 Oktober 2020.