Share on

Badan Rumah Tangga Kekaisaran mengatakan acara perayaan ulang tahun Kaisar Naruhito yang jatuh pada Minggu (23/3) di Istana Kekaisaraan terapaksa dibatalkan. Hal ini disebabkan pihak kerajaan tidak ingin mengambil risiko merayakan ulang tahun secara terbuka ketika virus COVID-19 (virus corona) masih mengancam.

Advertise With Us

Kami memutuskan untuk membatalkan acara yang biasa digelar setiap tahun ini setelah mempertimbangkan risiko yang mengancam akibat penyebaran virus corona, ujar Kenji Ikeda dari Imperior Household Agency dalam konferensi pers pada Senin (17/2) lalu.

Perayaan ulang tahun yang jatuh pada hari Minggu (2/3) ini seharusnya menjadi momen perayaan ulang pertama bagi Kaisar Naruhito sejak naik takhta pada Mei 2019. Pada perayaan tersebut, Kaisar Naruhito dan Permaisuri Masako dijadwalkan menyapa masyarakat Jepang dari balkon di sayap Istana Chowa-Den, bersama dengan Putra Mahkota Fumihoto dan istrinya, Putri Mahkota Kiko serta kedua putri mereka, Putri Mako dan Putri Kako.

Batalnya acara perayaan ulang tahun ini merupakan pertama kalinya acara public yang melibatkan keluarga kekaisaran dibatalkan karena masalah kesehatan. Sebelumnya, pembatalan acara perayaan ulang tahun kaisar pernah terjaid pada tahun 1996, akibat adanya krisis penyanderaan di Kedutaan Jepang di Peru.

Meskipun perayaan ulang tahun secara publik dibatalkan, ulang tahun Kaisar Naruhito tetap akan dirayakan secara tertutup yang hanya akan melibatkan keluarga kekaisaran dan para pejabat pemerintahan.