Share on

Setelah ditutup untuk umum selama hampir tiga bulan, Toyosu Fish Market kini perlahan-lahan mulai dibuka kembali untuk pengunjung umum pada 8 Juni. Pasar ikan ini adalah tempat yang populer dan yang terkenal adalah dengan pelelangan ikan tuna dan early-bird sushi.

Ditutupnya Toyosu Fish Market merupakan imbas dari pandemi COVID-19 yang juga banyak berdampak ke semua tempat ramai di Jepang. Per tanggal 29 Februari lalu, walaupun dilarang adanya pengunjung, para pedagang dan nelayan di pasar ikan tersebut masih diizinkan melakukan kegiatan dan beroperasi seperti biasa. Tentunya, dengan memperhatikan protokol kesehatan sesuaii yang dianjurkan pemerintah Jepang.

Terdapat pembaruan aturan terhadap pengunjung di pasar ini, yaitu dengan adanya penyesuaian jam buka yang normalnya pukul 5.00 pagi hingga 17.00. Sekarang, pengunjung hanya diperbolehkan datang pada pukul 9.00 pagi hingga 14.00 siang. Mereka juga harus mengikuti protokol kebersihan dasar yang telah ditetapkan, yaitu membersihkan tangan dan pengecekan suhu tubuh sebelum masuk. 

Toyosu fish market ( Photo: Lim Chee Wah )
Toyosu Fish Market (Lim Chee Wah)

Dengan adanya pemberlakuan jam kunjungan yang baru, berarti pelelangan tuna pada pagi hari yang biasanya dimulai pukul 5.45 pagi JST (Japan Standart Time) sementara masih tertutup untuk umum. Kabar baiknya, kedai sushi terkenal Daiwa Sushi kembali menyajikan early bird sushi yang sangat segar pada pagi hari.

Namun, kalian harus rela antri lebih lama, karena kedai sushi yang sudah terkenal sejak di Tsukiji Fish Market ini juga sering ramai dan memiliki antrian panjang. Kalian akan membutuhkan waktu tambahan untuk mengantri, karena mereka membatasi pelanggan di dalam restoran untuk menjaga jarak (social distancing) antarkonsumen. 

Senriken Toyosu fish market ( Photo: Keisuke Tanigawa )
Senriken Toyosu (Keisuke Tanigawa)

Sementara Senriken, kafe terkenal di Toyosu tetap buka dan akan terus menyajikan menu klasik mereka yang berupa kopi dan sandwich untuk para pemilik toko di sekitar serta pengunjung seperti biasanya.