Share on
Sushi adalah salah satu makanan ikonik dari Jepang dan termasuk yang paling digemari di seluruh dunia. Bagaimana tidak, banyak sekali orang yang penasaran dengan panganan tersebut, terutama nigirizushi.Sushi jenis ini adalah nasi kepalan bercuka dengan irisan daging mentah segar dan juicy di atasnya.Setelah mengetahui deskripsi seperti itu, sushi kelihatannya halal, bukan? Jawabannya bisa dua, iya atau tidak.Hasil laut sangat digemari umat muslim lantaran banyak yang halal. Banyak perdebatan mengenai hal ini, namun pendapat umum menyatakan bahwa hasil dari laut adalah halal, baik ikan-ikanan, udang, gurita, dan lain-lain.Penentu halal atau haramnyasushi adalah cuka yang digunakan dalam campuran nasi. Beberapa cuka ada yang mengandungmirin,bumbu khas Jepang yang digunakan untuk penambah rasa dan menambah alkohol. Hal lain yang perlu dipertimbangkan adalah bumbu yang akan digunakan untuk mencelupkansushi.Karena masyarakat Jepang mayoritasnya bukanlah pemeluk agama Islam, mereka tidak memikirkan tentang komposisi khusus diet halal untuk kehidupan sehari-hari.Kabar gembiranya, sekarang Jepang mulai menunjang kemudahan untuk kehidupan umat muslim di sana, salah satunya adalah restoran halal.Sushi pun dijadikan salah satu panganan yang mulai dibuat versi halalnya.Jika kalian akan berkunjung ke Tokyo dan ingin mencicipi sushi halal, kalian bisa kunjungi dua restoran berikut ini.

1. Asakusa Sushi Ken

Rekomendasi Restoran Untuk Menikmati Sushi Halal di Tokyo
Asakusa Sushi Ken (Gambar: TokyoSpark)
Asakusa Sushi Ken sangat populer di tengah kalangan muslim Tokyokarena restoran sushi ini adalah yang pertama kali menawarkan pilihan menu yang sepenuhnya halal, juga yang pertama kali mendapatkan sertifikasi halan.
Rekomendasi Restoran Untuk Menikmati Sushi Halal di Tokyo
Nigirizushi di Asakusa Sushi Ken (Gambar: matcha-jp)
Rekomendasi Restoran Untuk Menikmati Sushi Halal di Tokyo
Sertifikat Halal Asakusa Sushi Ken (Gambar: matcha-jp)
Sebelumnya, pihak restoran pun sudah melakukan percobaan bagaimana caranya agar sushi halal tetap memiliki rasa yang sama dengansushi pada umumnya. Dengan upaya tersebut, banyak pengunjung yang bahkan 'tak sadar' kalau mereka sedang memakan sushi halal.
Rekomendasi Restoran Untuk Menikmati Sushi Halal di Tokyo
Interior Asakusa Sushi Ken (Gambar: matcha-jp)
Untuk interior restoran, mereka menjaga suasana ruang makan khas Jepang. Pihak restoran juga menyediakan ruang makan alatatami di lantai dua.Mushola pun disediakan, sehingga memudahkan pengunjung untuk melancarkan ibadah sehari-harinya.Asakusa Sushi KenAlamat: Tokyo, Tait-ku, Asakusa 2-11-4Waktu operasional: Senin-Sabtu (pukul 12.00-14.00 untuk makan siang, 17.00-00.00 untuk makan malam), Minggu dan hari libur nasional (pukul 11:30 - 15:00 untuk makan siang, 17:00 - 22:00 untuk makan malam)Telepon: +81 3-5246-6547

2. Itamae Sushi Ueno

Rekomendasi Restoran Untuk Menikmati Sushi Halal di Tokyo
Itamae Sushi Ueno (Gambar: Itamae Sushi Official Website)
Restoran yang mulai beroperasi pada Juni 2018 sebenarnya tidak secara khusus menjual makanan halal, dan tidak melalui proses sertifikasi juga. Namun, mereka menjual makanan halal sebagai pilihan lain pada daftar menu mereka. Pihak restoran sudah menjamin para pelanggan muslim dengan kebijakan mereka yang hanya menggunakan bumbu bersertifikat untuk menu halalnya. Kebijakan lainnya adalah memisahkan peralatan masak dan makan untuk yang halal di dapurnya.
Rekomendasi Restoran Untuk Menikmati Sushi Halal di Tokyo
Ruangan di dalam Itamae Sushi Ueno (Gambar: Itamae Sushi Official Website)
Rekomendasi Restoran Untuk Menikmati Sushi Halal di Tokyo
Sushi dari Itamae Sushi Ueno (Gambar: Itamae Sushi Official Website)
Itamae Sushi adalah restoran yang memiliki beberapa cabang, namun menu halal untuk saat ini hanya tersedia di cabang Ueno.Itamae Sushi UenoAlamat: Ueno Croad Bldg 12F, 4-4-5, Ueno, taito-ku, Tokyo, 110-0005Waktu operasional: Senin-Sabtu dan hari libur nasional (pukul 11.30-00.00), Minggu (11.30-23.00)Website Images Source : TokyoSpark, Itamae Sushi Official Website,