Share on

Apa kalian suka dengan ikan tuna? Jenis ikan laut yang satu ini sangat populer di Jepang dan dikenal dengan sebutan maguro. Ikan tuna memiliki harga yang cukup mahal dibandingkan dengan jenis ikan laut lainnya, dikarenakan mulai langkanya jenis ikan ini. Meski begitu sampai saat ini tuna masih jadi primadona di kalangan orang Jepang bahkan hingga ke seluruh penjuru dunia, termasuk Indonesia.

Advertise With Us

5 Cara Lezat Menikmati Tuna Ala Orang Jepang, Berani Coba?
image: pantip.com

Di Jepang ada empat bagian dari ikan tuna atau maguro yang paling banyak dicari, yaitu akami, toro, chutoro, dan otoro. Inilah beberapa cara yang dilakukan orang Jepang menikmati ikan tuna yang lezat.

1. Sashimi

Cara paling mudah dan enak untuk menikmati tuna adalah dengan menjadikannya sebagai sashimi, makanan Jepang yang disajikan dalam keadaan segar dan diiris tipis-tipis.

2. Sushi

Untuk makanan yang satu ini, masyarakat Jepang biasanya menggunakan akami, daging sisi ikan yang paling ramping untuk membuat sushi roll. Tapi kalian juga harus mencoba sushi dengan menggunakan bagian otoro, meskipun harganya paling mahal, tapi memiliki rasa yang manis dan lezat.

3. Maguro Zukedon

Mangkuk tuna disebut maguro zuke don, ini adalah cara lain untuk menikmati tuna. Dibuat dengan menggabungkan kecap, nasi dan rasa ringan tuna yang lezat dalam satu mangkuk. Baru-baru ini, Poki mangkuk dengan tuna semakin populer di Jepang juga.

4. Tunamayo

Di Jepang tuna kaleng atau seachicken jadi makanan kalengan yang paling disukai. Tunamayo adalah salah satu jenis makanan seachicken dan mayones yang dicampur secara bersamaan. Kalian dapat menggunakan makanan ini untuk banyak masakan berbeda seperti, salad dan onigiri.

5. Tuna Teriyaki

Terakhir, kalian bisa mencoba tuna teriyaki. Tekstur ikan tuna yang menyerupai daging menjadikan tuna bisa dimasak dengan teknik masak khas Jepang, teriyaki, dengan cara dipanggang dan ditambahkan dengan kecap, mirin, sake dan lain-lain. Makanan lezat ini sering disajikan di bar izakaya Jepang.

(Featured )