Berita Jepang | Japanesestation.com

Mantan PM Jepang, Shinzo Abe dilaporkan ditembak pada saat memberikan pidato di Nara pagi tadi sekitar pukul 11:30 waktu Jepang dan segera dilarikan ke rumah sakit. 

Dilansir dari NHK, Pihak kepolisian telah menangkap seseorang yang diduga melakukan penembakan pada saat itu dan membawa senapan. Dan pada saat tertembak, tampak darah keluar dari dada Abe, dan menurut penyiar dari NHK pada saat itu terdengar tembakan sebanyak 2 kali.

Pada saat itu, Abe melakukan pidato di jalan menjelang pemilihan tanggal 10 Juli nanti untuk Majelis Tinggi Parlemen.

Shinzo Abe Ditembak
Shinzo Abe Ditembak Saat Melakukan Pidato di Nara

Abe yang saat ini berumur 67 tahun, dilaporkan ditembak dari belakang, dan pelaku sudah mengamankan pria yang menembak tersebut di tempat kejadian.

Shinzo Abe merupakan perdana menteri terlama di Jepang, menjabat dari tahun 2006 hingga 2007 dan kembali dari 2012 hingga 2020. Shinzo abe kemudian mengundurkan diri pada tahun 2020, dengan alasan kesehatan.

Meskipun meninggalkan jabatan publik, Abe bisa dibilang tetap menjadi politisi paling terkemuka di Jepang. Dia berkampanye untuk Partai Demokrat Liberal menjelang pemilihan pada hari Minggu di majelis tinggi legislatif Jepang.