Berita Jepang | Japanesestation.com

Dua pria di Jepang telah ditangkap karena diduga menggunakan sumpit mereka sendiri untuk mengambil acar jahe dari sebuah wadah bersama di gerai daging sapi Yoshinoya, kata seorang polisi pada 4 April.

Toshihide Oka (34 tahun) dan Ryu Shimazu (35 tahun), dituduh menghalangi operasi bisnis pada 29 September 2022, dengan melakukan konspirasi yang berulang kali untuk memakan acar jahe merah dari sebuah wadah bersama dengan menggunakan sumpit mereka sendiri di restoran Suminoe, Osaka. Polisi Prefektur Osaka juga mencurigai kedua orang tersebut yang diduga penduduk kota Nishinari melakukan kegiatan tersebut sengaja untuk mencemari wadah dan jahe di sebuah restoran menggunakan sumpit yang mereka bawa.

Shimazu menjelaskan kepada penyelidik, “Saya ingin membuat orang tertawa.” Oka juga berkata, “Saya memintanya untuk melakukan sesuatu yang lucu, dan dia tiba-tiba memakannya. Saya membagikan videonya di media sosial karena itu sangat lucu. Saya ingin semua orang melihatnya.” Kedua tersangka yang dilaporkan juga telah mengakui tuduhan tersebut.

Ilustrasi Gyudon, Pakutaso/sushipaku
Ilustrasi Gyudon, Pakutaso/sushipaku

Dikutip dari The Mainichi, video yang tersebar memperlihatkan seorang pria, yang diyakini sebagai Shimazu, memasukan sumpitnya ke dalam wadah bersama dan berulangkali memasukan  jahe ke dalam mulutnya.

Pihak Yoshinoya mengetahui video tersebut pada Februari 2023 melalui seorang pelanggan dan langsung mengajukan laporan kerusakan ke polisi setempat. Cabang Yoshinoya tersebut ditutup sementara, wadah yang digunakan pun lalu didisinfeksi serta membersihkan seluruh peralatan makan mereka.

Seorang juru bicara dari Yoshinoya berkata, “Sangat disesalkan bahwa berita ini telah menyebabkan ketidaknyamanan dan kecemasan di antara pelanggan dan mempertanyakan keselamatan dan keamanan layanan makanan secara keseluruhan. Kami sangat berharap hal ini tidak akan terjadi lagi."