Berita Jepang | Japanesestation.com

Angin topan Maria melanda daratan di Prefektur Iwate pada Senin (12/08) pagi ini. Badan Meteorologi Jepang sebelumnya telah memberikan peringatan pada Sabtu (10/08) lalu. Angin topan Maria mengakibatkan meningkatnya curah hujan yang memecahkan rekor saat bergerak melintasi timur laut Jepang. Angin topan ini juga dapat menyebabkan tanah longsor, sungai meluap, banjir, angin kencang, dan gelombang tinggi.

Beberapa daerah di Prefektur Iwate telah mengalami curah hujan dengan rata-rata bulanan naik dua kali lipat pada bulan Agustus karena gerak lambat angin topan. Topan maria diprediksi akan akan bergerak ke Laut Jepang pada Rabu (14/08) mendatang dan melemah menjadi depresi tropis.

Pengumuman terkait layanan transportasi karena Topan Maria di Stasiun JR Sendai.
Pengumuman terkait layanan transportasi karena Topan Maria di Stasiun JR Sendai (Kyodo).

Sejumlah layanan transportasi membatalkan operasinya ke daerah yang terdampak Topan Maria. Japan Airlines membatalkan seluruh perjalanan rute bandara Aomori, Misawa, Akita, Hanamaki, Sendai, Yamagata, dan Niigata. Maskapai All Nippon Airways juga membatalkan beberapa penerbangan yang terkait dengan bandara Aomori. East Japan Railway juga mengumukan jika kereta peluru Tokaido, Akita, dan Yamagata akan ditunda sementara.