Share on

Sebuah survei terkait penggunaan internet yang dilakukan oleh pemerintah Jepang membuktikan bahwa siswa SMA Jepang rata-rata menghabiskan 4 jam 8 menit untuk online setiap harinya, 31 menit lebih lama jika dibandingkan dengan hasil survei tahun lalu. Artinya, terjadi peningkatan konsumsi internet yang cukup tinggi.

Dalam survei tersebut, 99.1% siswa SMA mengatakan mereka menggunakan internet secara aktif, dengan total 91,9% menggunakan internet lewat smartphone mereka. Jumlah para siswa SMA yang menghabiskan waktu lebih dari 3 jam untuk online juga melambung naik, dari 4.6% menjadi 66.3%.

Penggunaan internet yang meningkat juga terjadi di kalangan siswa SD dan SMP di Jepang. Setiap tahunnya, makin bertambah saja waktu online mereka. Memperlihatkan bahwa tetap berhubungan telah menjadi hal normal di antara anak-anak.  

Grafik penggunaan internet (nippon.com)
Grafik penggunaan internet (nippon.com)
Grafik waktu yang dihabiskan untuk online. (nippon.com)
Grafik waktu yang dihabiskan untuk online (nippon.com)

Alasan utama para siswa SD, SMP, dan SMA untuk online ternyata serupa, misalnya untuk berkomunikasi via Line dan media lain, menonton video, dan bermain game. Beberapa responden juga menggunakannya untuk membuka aplikasi edukasi dan e-books.

Grafik tujuan online (nippon.com)
Grafik tujuan online (nippon.com)

Survei ini dilakukan pada bulan Januari dan Februari lalu dengan responden sebanyak 5.000 siswa berumur 10 hingga 17 tahun di seluruh Jepang.