Share on

Saat ini, vaksin COVID-19 masih berada dalam pengembangan dan banyak universitas-universitas dan fasilitas riset berlomba-lomba untuk menciptakan vaksin untuk virus ini. Akan tetapi, sebuah Studi di Jepang menyebutkan bahwa jus kesemek dapat menyebabkan virus corona menjadi tidak berbahaya.

Advertise With Us

Para peneliti di Nara Medical University menemukan sebuah hal yang mengejutkan pada cairan jus kesemek, atau yang biasa disebut dengan nama “Kakishibu”. Kakishibu ini biasanya digunakan sebagai pewarna atau cat berwarna amber gelap.

Cairan ini, jika digunakan dengan dosis berkonsentrasi tinggi, dapat membuat virus corona terlihat tidak berbahaya. Para peneliti ini melakukan tes dengan mencampur virus corona, air liur, dan cairan jus kesemek yang kemudian didiamkan selama 10 menit. Setelah 10 menit berlalu, para peneliti melihat bahwa virus tersebut telah terdetoksifikasi.

Akan tetapi, untuk mendapatkan jus kesemek ini tidaklah mudah. Kesemek yang digunakan bukanlah sembarang kesemek, dan dipersiapkan dengan cara tertentu. Cairan yang digunakan untuk campuran tersebut dibuat dengan mengekstrak sari buah kesemek yang belum matang, sari buah tersebut kemudian difermentasi dan disimpan selama beberapa waktu.

Maka dari itu, tidak perlu pergi ke pasar dan membeli banyak buah kesemek karena untuk mendapatkan jus tanin kesemek ini tidaklah mudah. Memakan buah kesemek yang belum matang juga tidak akan membuahkan hasil, maka dari itu masih banyak riset dan penelitian lanjutan untuk membuktikan bahwa cairan ini benar-benar mampu untuk menetralisir virus corona.