Berita Jepang | Japanesestation.com

Kolam renang umum yang dikelola oleh pemerintah kota Oita dan dapat dinikmati secara gratis mulai ditutup lebih awal karena naiknya suhu air akibat musim panas. Menurut divisi promosi olahraga pemerintah kota Oita, kolam renang umum mulai ditutup sebelum waktunya selama 18 hari berturut-turut hingga 17 Agustus lalu.

Ozai Park Pool menutup fasilitas kolam renangnya pada pukul 15.30 waktu setempat pada 14 Agustus lalu karena suhu air telah melebihi angka 34°C. Upaya ini dilakukan untuk mencegah heatstroke karena suhu tubuh tidak akan menurun meskipun tetap berendam di dalam air. Empat kawasan kolam renang umum lainnya juga melakukan hal yang sama. “Suhu air keran meningkat sejak awal. Sebagai tindakan pencegahan, kami meningkatkan jumlah air di dalam kolam,” ujar seorang petugas dari salah satu kolam renang umum.

Dikutip dari Mainichi, Badan Meteorologi Jepang mengungkapkan jika kota Oita mencatat teradapat 12 hari dengan suhu tertinggi hingga 35°C dalam 17 hari pertama bulan Agustus. Divisi promosi olahraga pemerintah kota Oita juga menghimbau kepada penduduk untuk mengonfirmasi status pembukaan kolam renang umum melalui telepon atau sarana lainnya terlebih dahulu.