Berita Jepang | Japanesestation.com

Sepuluh tahun telah berlalu sejak bencana gempa bumi besar dan tsunami menghantam Fukushima. Namun, hingga kini, Jepang masih terus dihantui bayang-bayang bencana mengerikan itu. Bagaimana tidak, gempa bumi dengan mangnitudo 9,0 SR tersebut memicu tsunami setinggi 15 meter dan hancurnya PLTN Fukushima, membuat area tersebut mengalami bencana nuklir, menewaskan ribuan korban. Apalagi, beberapa waktu lalu Jepang harus mengalami gempa besar, membuat trauma 10 tahun lalu kembali bangkit. Sangat mengerikan.

Nah, apa sih sebenarnya yang terjadi saat itu?

Mengetahuinya memang sulit. Namun, saat mulai bermunculan berbagai film dokumenter terkait kejadian tersebut, mulai terlihat titik terang yang memperlihatkan bagaimana kondisi Fukushima sejak bencana terjadi hingga kini. Nah, berikut tiga video dokumenter yang akan membantu teman-teman dalam mempelajari tentang gempa bumi dan tsunami Tohoku serta bencana nuklir yang ditimbulkannya.

1. National Geographic: Returning to Fukushima

Singkat namun informatif. Itulah isi dari video pendek yang diproduksi oleh National Geographic ini. Video yang dibuat pada tahun 2019 ini akan mengeksplorasi upaya pemerintah setempat dalam “merayu” kaum muda Jepang untuk pindah ke area yang terdampak bencana ini. Di Naraha, sebuah kota di sudut timur laut Fukushima, pemerintah sebenarnya telah membangun sebuah sekolah berkapasitas 300 orang, meski hanya 68 siswa yang mendaftar. Sementara itu, warga setempat juga berbagi cerita tentang bagimana sih rasanya membangun keluarga di tempat yang sebelumnya sempat menjadi kota mati akibat ketakutan akan radioaktif.  

Kendati pemerintah bersikeras bahwa kota-kota di perbatasan Fukushima cukup stabil untuk direlokasi, pembersihan dan restorasi masih menjadi tantangan yang signifikan. Dalam video ini, Mariana van Zeller pun mengatakan bahwa masih banyak mantan penduduk yang khawatir akan keamanan dan stigma Fukushima.

2. Return to Fukushima with Miles O’Brien

Fukushima Daiichi, pembangkit listrik tenaga nuklir yang mengalami kerusakan parah akibat peristiwa gempa bumi dan tsunami 2011 mungkin sudah dikenal banyak orang. Namun, mungkin tak ada yang tahu kalau PLTN ini memiliki adik, Fukushima Daini yang berhasil lolos dari bencana.

Dalam investigasi yang dipimpin oleh koresponden sains PBS, Miles O’Brien ini, teman-teman akan dibawa menjelajahi situs tempat sang adik berdiri pada 2014, 3 tahun setelah bencana kelam itu terjadi. Kita juga akan mendengar tentang perdebatan apakah Fukushima masih bisa mengharapkan tenaga nuklir mereka di masa depan nanti.  

3. Fukushima: A Nuclear Story

Tingkat radiasi tinggi di area Fukushima membuatnya sangat sulit diakses oleh para awak media setelah tsunami terjadi. Namun, jurnalis asal Italia, Pio d’Emilia, berhasil menjadi salah satu reporter asing pertama yang mendapatkan akses untuk mengunjungi tempat itu pada 2011 silam.  

Selama 4 tahun, mulai dari 2011 hingga 2015, d’Emilia menggunakan kameranya untuk membuat footage 300 jam setelah bencana, termasuk hal yang terjadi segera setelah terjadinya bencana. Sutradara dokumenter tersebut, Matteio Gagliardi, menggabungkan rekaman d'Emilia dengan elemen lain dari film tersebut untuk menceritakan kisah ini. Dan bukan hanya sekadar menceritakan kembali peristiwa gempa bumi dan tsunami, film dokumenter ini juga membawa kita melihat  dilema etika di balik pembangunan dan pengelolaan pembangkit listrik tenaga nuklir serta ketidakpastian yang dirasakan banyak orang di Jepang tentang tenaga nuklir selama berbulan-bulan (bahkan bertahun-tahun) setelah kejadian tersebut.

Teman-teman bisa menonton film dokumenter ini via Amazon Prime Video!

Nah, itulah 3 video dokumenter terkait gempa bumi dan tsunami Jepang 2011 dan dampaknya bagi Fukushima kini. Jangan lupa ditonton ya!