Share on

Dulu, menyewa taksi cukup sulit, apalagi kalau di negara orang yang bahasanya berbeda dengan bahasa kita. Namun, di zaman maju dan serba digital seperti sekrang ini menyewa taksi bukanlah hal sulit, banyak aplikasi yang membuatmu bisa menyewa taksi dengan sekali klik. Nah, di Jepang, ada beberapa aplikasi yang bisa membuatmu menyewa taksi dengan mudah!

Advertise With Us

JapanTaxi

JapanTaxi (matcha-jp.com)
JapanTaxi (matcha-jp.com)

JapanTaxi merupakan sebuah aplikasi yang bisa digunakan di seluruh prefektur di Jepang.  Para pengguna aplikasi ini dapat menyentuh peta di di layar untuk memilih lokasi pick-up dan tujuan. Untuk pembayaran, bisa dibayar secara online dengan mengisi registrasi pembayaran terlebih dahulu.

Mirip dengan aplikasi ojek online di Indonesia, setelah mengunduh aplikasinya, kamu harus mengisi beberapa informasi, seperti nama dan alamat e-mail. Kamu juga bisa memasukkan nomor kartu kreditmu untuk membuat pembayaran online dengan mudah. Lalu, pilihlah lokasi pick-up dan tujuanmu lewat peta yang ada di layar. Pengguna juga dapat mengatur sendiri waktu dan tanggal jemput yang mereka mau.

Lalu, pilihlah perusahaan taksi yang ingin kamu tumpangi. Hati-hati ya, beberapa perusahaan tidak menerima pembayaran online. Jadi, cek terlebih dahulu! Setelah memilih metode pembayaran, klik deh tombol “call” untuk menyewa taksimu.

DiDi

DiDi (matcha-jp.com)
DiDi (matcha-jp.com)

DiDi adalah sebuah aplikasi asal Cina yang mulai beroperasi di Jepang sejak tahun 2018 dan bisa digunakan di Tokyo, area Kansai dan Kyushu, Hokkaido serta sebagian besar area Wakayama dan Prefektur Shiga.

Sama seperti JapanTaxi, setelah mendownload aplikasi ini, masukkan nama, nomor telepon, dan alamat emailmu. Informasi tambahan juga harus dimasukkan jika kamu ingin membayar dengan pembayaran online. Nah, ketika kamu memilih tujuan dan titik jemput dari peta, aplikasi ini akan mencari taksi terdekat.  

MOV

MOV (matcha-jp.com)
MOV (matcha-jp.com)

Jika ingin metode cashless, pakailah MOV. Semua metode pambayaran di aplikasi ini dilakukan secara online. Artinya, para pengguna dapat menumpangi taksi tanpa harus berbicara bahasa Jepang.

Aplikasi ini tersedia di Tokyo, Kanagawa, Saitama, Osaka, Kyoto, Shiga, dan Prefektur Hyogo. Untuk menggunakannya, mudah kok. Download saja aplikasinya dan masukkan nomor teleponmu untuk  proses otentikasi. Setelah informasi personal dan nomor kartu kreditmu dimasukkan, layanan ini siap digunakan.

Menggunakannya mudah, pilihlah lokasi dan tujuanmu dari peta di aplikasi. Kamu juga bisa langsung menyampaikan tujuanmu pada supir ketika dalam perjalanan Gampang kan?

Uber

Uber (matcha-jp.com)
Uber (matcha-jp.com)

Berikutnya, ada aplikasi yang sudah dikenal di seluruh dunia, Uber! Bedanya, Uber di Jepang hanya bisa diikuti oleh perusahaan taksi saja karena regulasi industrinya yang tegas. Uber bisa ditemukan di kota-kota besar seperti Tokyo, Yokohama, Sendai, Nagoya, Osaka, Kyoto, dan Fukuoka. Selengkapnya, bisa kunjungi langsung situs resminya ya.

Nah, setelah mengunduh aplikasinya, buatlah akun dengan mendaftarkan alamat email dan nomor teleponmu. Jangan lupa masukkan nomor kartu kredit untuk pembayaran secara online.

Masukkan tujuan dan lokasi jemput agar aplikasinya bisa mencari taksi di area ini. Sementara menunggu, para pengguna juga bisa mengecek lokasi taksi mereka melalui layar smartphone.

Grab

Grab (matcha-jp.com)
Grab (matcha-jp.com)

Berikutnya, ada perusahaan asal Singapura, Grab. Meski awalnya hanya beroperasi di Asia Tenggara, pada 2019 lalu perusahaan ini berkolaborasi dengan JapanTaxi, membuat penggunanya dapat memesan taksi dengan mudah. Aplikasi ini bisa kamu gunakan di  Tokyo, Kyoto, Sapporo, Nagoya, dan Okinawa.

Setelah mengunduh aplikasinya, buatlah sebuah akun dengan mendaftarkan nomor telepon dan ID Google atau Facebook-mu. Jika ingin menggunakan pembayaran online, jangan lupa daftarkan nomor kartu kreditmu ya!

Fulcul

Fulcul (matcha-jp.com)
Fulcul (matcha-jp.com)

Terakhir, ada aplikasi yang membuatmu bisa menyewa taksi tanpa membuat akun terlebih dahulu, Fulcul. Setelah mengunduh aplikasinya, goyangkan smartphone-mu untuk mencari taksi yang terdekat dengan lokasimu.  

Aplikasi ini bisa digunakan di 23 distrik di Tokyo, Kota Mitaka (lokasi Stasiun Ghibli), dan Kota Musashino. Untuk mencari taksi, kamu bisa mencarinya dengan melihat peta di layar smartphone-mu. Tinggal klik atau goyangkan smartphone, dapat deh taksinya!

Mudah dan praktis kan?