Share on

Belakangan ini, semakin banyak orang Indonesia yang bersekolah, bahkan bekerja di Jepang. Dan selain itu, tentunya masih banyak orang Indonesia yang akan, atau ingin bersekolah atau bekerja di negeri bunga sakura tersebut. Bagi mereka yang belum pernah ke Jepang, tentu sulit membayangkan bagaimana kehidupan di sana nantinya. Untungnya, di zaman internet ini, semuanya lebih mudah. Kita bisa belajar dari orang-orang Indonesia yang membuat vlog mengenai kehidupannya di Jepang. Berikut ini adalah 5 di antara vlog orang Indonesia di Jepang yang menarik untuk kalian simak!

Advertise With Us

Andhika Sarasono

Andhika adalah salah satu pelajar asal Indonesia yang berkesempatan menempuh studi magister di Jepang, tepatnya di Kyoto. Ia rutin meng-upload vlog berisi kesehariannya sebagai pelajar di Jepang, mulai dari makanan, jalan-jalan, hingga arubaito dan lain sebagainya.

Dona Muramatsu

Dona Muramatsu adalah seorang vlogger Indonesia yang bermukim di Jepang, mengikuti suaminya yang bernama Toshiaki, atau biasa ia panggil Tochi, dan putri mereka yang bernama Wakana. Dalam vlog-vlog-nya, kita dapat melihat sekilas keseharian Mama Dona sebagai orang Indonesia yang bersuamikan orang Jepang di negeri bunga sakura tersebut.

Diera Nathania

Gadis manis asal Tangerang Selatan ini adalah mahasiswi di Obihiro University of Agriculture and Veterinary Medicine di Hokkaido. Vlog-nya banyak membahas mengenai persiapan untuk berkuliah di Jepang, cocok untuk kalian yang ingin bersekolah di negeri bunga sakura tersebut!

Finan Akbar

Finan adalah vlogger asal Indonesia yang tinggal di Jepang menyertai istrinya, Hayu, dan memboyong juga kedua buah hati mereka, Maliq dan Mika. Sementara sang istri berkuliah, Finan sendiri bekerja sebagai housekeeping di salah satu hotel di Jepang. Dalam vlog miliknya, Finan banyak mengangkat mengenai keseharian keluarganya di Jepang.

Dorippu

Akrab dipanggil Dori, gadis bernama asli Andriani ini bekerja di Tokyo, Jepang. Bagi kalian yang akan pergi ke Jepang untuk bersekolah atau bekerja, namun masih bingung untuk LDR dengan pasangan kalian, kalian bisa simak kisah Dorippu yang sempat pacaran LDR dengan pacarnya, Gama (yang sekarang menjadi suaminya, yang juga terpaksa LDR setelah nikah) pada vlog-vlog miliknya, siapa tahu bisa memberi pencerahan!

Selain vlog-vlog di atas, tentunya ada banyak lagi vlog orang Indonesia di Jepang yang tidak kalah menariknya. Jangan lupa tuliskan vlog orang Indonesia di Jepang mana yang menjadi favorit kalian, di kolom komentar, ya!

(Featured image: screenshot from Andhika Sarasono's Vlog)