Share on

Apakah kalian sering menggunakan microwave? Apakah microwave kalian pakai hanya untuk menghangatkan makanan? Sebenarnya, ada berbagai hal yang bisa kita lakukan menggunakan microwave, yang mungkin tidak terpikir oleh kita.

Berikut ini adalah 7 tips dan trik penggunaan microwave yang dilakukan oleh orang Jepang:

  1. Gunakan untuk membuat kue yang melempem jadi renyah lagi.

Jangan langsung buang kue kering atau senbei yang melempem! Panaskan kue tersebut dengan microwave, selama 10 detik untuk setiap 5 keping kue. Kuncinya adalah pada saat memasukkan, jangan sampai ada kue yang bertumpuk. Setelah dikeluarkan dari microwave, kue akan terlihat basah, namun setelah didiamkan beberapa saat, akan renyah kembali.

  1. Memeras buah

Sebelum memeras jeruk atau lemon, masukkan buah tersebut ke microwave dengan panas tinggi selama 20 detik. Buah akan menjadi empuk dan mudah diperas.

  1. Menghaluskan gula yang mengeras

Masukkan bongkahan gula yang telah mengeras ke mangkuk tahan panas, lalu tutupi dengan handuk basah. Panaskan beberapa kali, tiap kalinya selama 15 detik hingga bongkahan gula tersebut menjadi halus.

  1. Membesarkan sabun yang sudah kecil

Jika ada sabun yang ukurannya sudah mengecil hingga sulit digunakan, panaskan dengan microwave. Sabunnya akan berbusa dan membesar, jadi panaskan sampai ukuran yang mudah untuk dipakai lagi!

  1. Melepas perangko dari amplop

Basahi jari dengan air, lalu ratakan air tersebut di atas permukaan perangko, kemudian panaskan selama 20 detik. Perangko akan mudah untuk dilepas.

  1. Mengembalikan kondisi maskara yang mengering

Maskara yang sisanya tinggal sedikit sering kali mengering. Lepas tutup kemasan maskara dan masukkan kemasan tersebut ke dalam  microwave bersama dengan secangkir air. Jangan lupa untuk tetap awasi selama maskara dipanaskan ya.

7. Mengeringkan stocking

Peras stocking yang baru saja dicuci, kemudian bungkus dengan kitchen paper. Panaskan beberapa kali, tiap kalinya 10 detik, sampai stocking tersebut kering.

Bonus: Cara mudah membersihkan microwave

Untuk membersihkan bagian dalam microwave, campurkan air dengan perasan lemon berikut buah lemonnya dalam mangkuk tahan panas, panaskan dalam microwave selama 3-4 menit. Setelahnya diamkan microwave sampai uap memenuhi bagian dalamnya, kemudian lap bagian dalamnya dengan kain lap.

Sekian tips dan trik yang bisa mimin bagikan kali ini. Jangan lupa untuk berhati-hati saat mencoba tips dan trik ini ya. Semoga bermanfaat.

(Featured image: house-cleaningnavi.com)