Share on

Menyebarnya pandemi virus corona (COVID-19) sekarang ini membuat orang-orang menjadi lebih sadar akan kebersihan diri, salah satunya adalah dengan rajin mencuci tangan. Orang tua Jepang pun punya cara tersendiri loh untuk mengajari anak-anaknya bahwa mencuci tangan itu penting. Seperti apa ya?

Orang Tua Jepang Ajarkan Cuci Tangan Pakai Stempel
Stempel cuci tangan, cara orang tua Jepang ajarkan anaknya mencuci tangan (soranews24.com)

Inilah Otetepon, sebuah approval stamp yang digunakan para orang tua Jepang untuk mengajarkan pentingnya mencuci tangan. Penggunaan metode ini dinilai efektif oleh para orang tua mengajarkan anak-anak pentingnya menjaga kebersihan diri, khususnya mencuci tangan apalagi di saat krisis seperti ini. Dengan tangan yang telah "ternodai" oleh tinta dari stempel ini, orang tua bisa mengajarkan bahwa jika tangan kotor maka harus langsung dibersihkan dengan cara mencuci tangan.

Untuk tutorial penggunaannya dapat dilihat di bawah ini:
Orang Tua Jepang Ajarkan Cuci Tangan Pakai Stempel
Cuci tangan dengan otetepon (soranews24.com)
Langkah 1: Stempel Tangan Langkah 2: Cuci dengan sabun selama 30 detik kemudian bilas dengan air Langkah 3: Cuci tangan sudah beres!

Tinta yang ada di Otetepon ini mudah dihilangkan dengan sabun dan air, jadi tidak perlu khawatir jika akan meninggalkan bekas. Tinta yang digunakan pun dapat diganti dengan tinta yang biasa digunakan untuk mengisi approval stamp biasa. Otetepon dijual dengan harga 500 yen atau Sekitar 70 ribu rupiah.  Jadi, tunggu apalagi? Ayo cuci tangan!