Share on

Di Indonesia, jurusan kedokteran dan teknik selalu digandrungi oleh anak SMA yang ingin berkuliah. Kedua jurusan tersebut dianggap menjanjikan kesejahteraan yang tinggi bagi para lulusannya. Jadi tak heran apabila beberapa anak yang gagal akan berulang kali mencoba tes masuk agar dapat masuk ke jurusan tersebut. Tapi bagaimana dengan Jepang? Jurusan dan Fakultas apakah yang paling diminati? Berikut adalah ulasannya :

Advertise With Us

Jepang memiliki 4 Jenis perguruan tinggi yaitu Universitas Negeri, Universitas Umum (biasanya dijalankan oleh perfektur atau daerah), Universitas Swasta dan Sekolah yang menawarkan kejuruan diluar universitas. Jumlah perguruan tinggi di Jepang adalah 764 buah dengan 77 persen dari jumlahnya merupakan universitas swasta.

Jurusan dan Fakultas di Universitas yang Paling Diminati Oleh Para Anak Muda Jepang
(image : resemom)

Bidang ilmu di Jepang dibagi menjadi 5 kategori yaitu :

  1. Humaniora ⇒ berhubungan dengan manusia dan budaya. Contohnya bidang ilmu Linguistik, Bahasa Asing, atau Pendidikan.
  2. Ilmu sosial ⇒ Bidang untuk mempelajari mekanisme 'masyarakat'. Contohnya Fakultas Ekonomi , Manajemen , Niaga, Fakultas Hukum, Fakultas Sosial dan Kesejahteraan Sosial, Fakultas Hubungan Internasional dll.
  3. Ilmu alam ⇒ Bidang untuk menjelaskan asas "fenomena alam" dan studi lainnya. Seperti Fakultas Sains, Fakultas Teknik, Fakultas Kedokteran dan Kedokteran Gigi, Fakultas Keperawatan, Fakultas / Kedokteran Hewan, Fakultas Peternakan dan Perikanan
  4. Ilmu campuran ⇒ Departemen yang mempelajari berbagai disiplin akademis tanpa memandang sains. Contohnya : Fakultas Seni Rakitan, Fakultas Sastra, Fakultas Ilmu Liberal dll.
  5. Sistem interdisipliner ⇒ Ini adalah bidang untuk mempelajari titik-titik berpotongan (interdisipliner) antara bidang akademis dan lintas disiplin tanpa terikat oleh kerangka kerja fakultas. Contohnya : Fakultas Ilmu Kebijakan, Fakultas Ilmu Lingkungan Hidup, Fakultas Ilmu Liberal Internasional dll.

Universitas negeri dan universitas umum termasuk kedalam universitas uang dikelola oleh pemerintah. Jurusan dan fakultas yang populer pun berbeda diantara universitas pemerintah dan universitas swasta. Berikut adalah bagannya :

Jurusan dan Fakultas di Universitas yang Paling Diminati Oleh Para Anak Muda Jepang
Jurusan atau Fakultas yang diminati di Universitas Pemerintah (image : Tsusin)

Fakultas Sosial dan Kesejahteraan Sosial menduduki peringkat pertama disusul dengan fakultas seni dan departemen ilmu hayati.

Jurusan dan Fakultas di Universitas yang Paling Diminati Oleh Para Anak Muda Jepang
Jurusan atau Fakultas yang diminati di Universitas Swasta (image : Tsusin)

Sedangkan di swasta terdapat fakultas hukum, kedokteran, ekonomi, bahasa asing, departemen ilmu hayati, ilmu medis dan kesehatan, dan ilmu sosial yang menjadi fakultas favorit.

Menurut data lain, ilmu ekonomi, manajemen dan perniagaan merupakan fakultas yang paling diminati oleh mahasiswa Jepang. Diikuti ilmu sosial dan bahasa pada peringkat 2 dan 3. Fakultas kedokteran yang paling banyak diminati di Indonesia menduduki posisi ke 37 di Jepang.

Jurusan dan Fakultas di Universitas yang Paling Diminati Oleh Para Anak Muda Jepang
(image : resemom)

Tertarik untuk belajar di Jepang?

(featured image : Japanese Station)